Journal

Soal Psikotes

Waktu hari Selasa lalu guru sosiologiku memberi psikotes tentang “Bagaimana anda menilai orang lain???”. Jadi nggak ada salahnya kalian nyoba (mungkin diantara kalian ada yang sudah tahu..)

Bu guru memberi murid2 petanyaan

“Bayangkan anda sedang berada di rumah sendirian…
Bersama adik anda. Dan ketika anda nonton TV, dalam saat yang sama anda mengalami 4 kejadian

1. Adik anda di kamar tiba-tiba mewek(nangis)
2. Telepon anda berdering
3. Ada orang diluar yang sedang pencet bel
4. Air yang sedang anda rebus mendidih

Nah apa yang akan anda lakukan pertama kali dari keempat situasi tersebut???”

*******************************************************************
Nah silakan milih, & dilarang mbaca di bawah sebelum milih…

Hmmm apa ya??? Setelah berpikir beberapa saat, gw milih matikan kompor. Soalnya kan dari keempat hal itu. Matiin kompor paling cepet. Setelah itu baru ngerjain yang lain.

Kemudian bu guru bertanya

“Siapa yang milih liat adik nangis???”
Cuma sedikit yang mengacungkan tangan…

“Siapa yang milih angkat telepon??”
Lagi2 yang milih dikit…

“Siapa yang milih menemui tamu??”
Cukup banyak yang mengacungkan tangan…

“Dan yang terakhir, siapa yang milih matikan kompor??”
Hampir seluruh kelas milih ini…

“Heh kok banyak banget”kata bu guru sambil garuk2 kepala.

“Baiklah inilah dia karakter kalian…….

Kalo milih liat adik menangis, artinya anda melihat orang lain dari hatinya….

Kalo milih angkat telepon,berarti anda penasaran, artinya anda selalu ingin tahu
Urusan orang lain…

Kalo milih menemui tamu,berarti anda melihat orang lain dari penampilan…

Dan kalo milih yang terakhir, berarti kan anda takut kebakaran. Jadinya anda hanya memikirkan harta. Artinya dalam melihat orang lain, anda hanya melihat materinya…”

Apaaa… hanya memikirkan materi?? enggak !!! aku tidak pernah menilai orang dari materinya…..

Bagaimana dengan kalian???apakah sama kayak aku???

44 thoughts on “Soal Psikotes

  1. ya jelas matiin kompor donk!nanti klo rumahnya kebakar gmn?dasar tuh guru blom pernah ngerasain pedihnya org yg ga punya rumah gara2 kebakaran ya?

  2. Wuuuhuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!! Kalo Haara tergantung.Milih yang satu kalo masalah keluarga n sahabat yang kuaya.milih 2 kalo ngurusin masalah orang-orang kuayaMilih 3 kalao partnert bsinis yang kuuuaaayyaaMilih ke 4 kalo masalah pacar atau suami uang kuuuaya~~!!INTINYA!! Haara liat Hartanya dulu baru lainnya…Uehehehe (becanda)

  3. ah, salah itu. matikan kompor itu, justru karena kita sifatnya sosial. coba misalnya, kompor lupa dimatikan. yang jadi korban malah banyak. saya, adik, tamu dan yang paling mengkhawatirkan, telpon tidak akan berdering lagi. karena rumah ludes terbakar. banyak kerugiannya.

  4. 13 PAKET MODUL LENGKAP : MATERI STRATEGI PSIKOTES-STRATEGI WAWANCARA KERJA.Aneka ragam materi soal-soal dan pembahasan psikotes, lengkapada wartegg test (Tes 8 gambar), krappelin test, Dap test/tes gambar orang, Baum tes, ada tes personality, ada tes gambar.Yang mau koleksi ratusan soal pembahasan aneka ragam materi psikotes atau Yang mau ujian psikotes bisa lihat di :http://modulpsikotes.blogspot.com/

  5. Klo saya lebih memilih mematikan kompor terlebih dahulu.Berpikir panjang secara cepat dong. Bukan karena materi takut kehilangan harta, namun jika terjadi kebakaran, sudah bisa dipastikan kita satu hari kedepan adik kita akan sering menganis karena tidak ada tempat bernaung (rumah), adik kita akan kepanasan di siang hari, dan kedinginan pada malam hari, di tambah lagi jika huja datang. Klo rumah kebakaran, kita tidak lagi akan bisa mendengar orang mengetuk pintu atau dering telpon.Itulah yang dinamakan berpikir efektif dan efisien.

  6. kalo saya ambil adek, gendong sambil matikan kompor, trus angkat telepon sambil bilang ke si penelepon tuk tunggu sebentar karena ada tamu atau nanti saya telepon balik, baru terima tamu….

  7. kalo aku pengennya beresin semuanya, matiin kompor dulu daripada mleduk (adik, tamu, telpon ga bisa lagi diapa-apain kalo rumah udah kena kompor mleduk), setelah tu ke kamar gendong sih adek sambil angkat telpon truz bilang maaf coz adik lagi nangis, telpon lg nti.trus buka pintu, biar tamu bengong dengan kesibukan didepan matanya.hehe.. (secara keringat segede jagung muncul, coz dari dapur lari ke kamar trus lari lagi ke ruang tengah, truz lari lagi buka pintu) fuhh…capek booo

  8. saya memilih mematikan kompor dlu,mengambil adiknya lalu digendong sambil meredakan tangisan adikteruz bukain pintusemisal telpon masih berdering baru kita angkat telponnya

  9. semua jawaban bersifat relative dan jawaban awal secara spontan dari reaksi pertama yang menjadi acuan karena merupakan ungkapan yang berasal dari dalam hati kecil, apapun jawabannya sangat bervariasi

  10. aNYa pilih angkat telp dulu coz biasanya telp khan dket TV tuchlagian de2k nya jg dah bs ngurus diri sendiritamu mah bs nunggunah klo yang air tuch paling anya bawa telp.nya kDapur tuch

  11. Angkat telpon dulu donk, karna sapa tau yang menelpon itu bokap or nyokap kita.baru kita terima tamu,coz tamu biasanya sabar dalam menunggu apalagi dia ada perlu kpd kt…..!

  12. kalo aku,first, aku liat adikku dulu yang lagi nangis trus aku gendong dia, biar nangisnya agak mendingan, sambil gendong adik ke dapur deh matiin kompor, abis tu nganbil hp yang lg bunyi n aku angkat, sambil ngankat tlp aku bilang ama yang tlp “tunggu bentar yaw aku buka pintu dulu nie, ada tamu soalnnya”, trus aku buka pintu deh buat tamu, tamunya aku suruh duduk dulu sementara aku ngangkat tlp. klo tleponannya udh lese, nenangin adek biar g nangis, baru dah tu, tamunya aku ladenin, hehe… kasiaaaan deh tu tamu, mesti aku kacangin dulu.. :p

  13. KLO…GW…YANG PERTAMA YANG HARUS DILAKUKAN KAYANYA BUANG AIR YANG MENDIDIH KE ADIK TRUZ…BANTING TELPON YANG BERDERING…DAN MENGUSIR TAMU YANG DATANG, LAGIAN SIAPA YANG NYURUH DATENG JAM SEGINI, UDAH TAU LAGI SIBUK….huhh

  14. klw aq c pastinya matiin kompor,, berpikir cepat dan menghindari resiko,, semisal rumah kita kebakaran bukan cuma harta yg melayang tp nyawa juga melayang, itu lebih dari memikirkan diri sendiri,, dan jelas pake hati,, seandainya kebakaran terjadi bukan hanya nyawa kita sendiri yg melayang bahkan adik kita dan tetangga tetangga d sebelah rumah pun merasakan dampaknya….

  15. klo aq pasti matiin kompor,yach itu cara untuk nyelamatin semua.klo kebakaran khan bisa repot…..keluarga gak ada tempat berteduh,surat” berharga lenyap, lebih bahaya lagi klo aq ma adik q terjebak dalam kobaran api. ya nggak????????????? dasar bu guru payah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. karakter seseorang tidak dapat dilihat oleh pertanyaan atau pun prediksi seseorang yang melihat dari perilaku . karena karakter orabg berubah ubah.dan soal tersebut sama sekali tidak logis n tidak pantas jika dijadikan sebagai alat utk mengukur sifat / karakter orang lain…

  17. Segala permasalahan hrs diliat secara luas terlebih dahulu, apa dampak dan akibat dari hal yang kita pilih untuk dilakukan. Bukan berarti tidak memilih melihat adik menangis terlebih dahulu menunjukkan kita tidak peduli dengan org lain, justru karena kita peduli dengan org lain makanya kita harus memilih mematikan kompor lbh dulu karena itu menyangkut keselamatan keluarga dan tetangga kita. Kecuali adik kita menjerit-jerit kesakitan…..otomatis kita tanpa pikir panjang lgs mendatanginya. pertanyaan yang kurang dalam pemahamannya.

  18. yach…..dri soal di atas mnrut penilai anda bnar rp dr sudut pandang lain yach g mungkin mmbiarkan kompor mennyalah trus dn pd akhirny kegiatan yg lain terganggu dn menimbulkan korban contoh adx yg lg nangis d kamr……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s