Journal

Ulang Tahun Ke 20

Sekarang bulan september, jadi? Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan ulang tahunku. Ulang tahunku bulan maret. Hehe Tapi mengingat beberapa bulan yang lalu sangat mengesankan. Tidak seperti ulang tahun sebelum-sebelumnya yang (cukup) mengenaskan. Tiap tahun tidak ada yang istimewa di ulang tahunku. Keluarga memang tidak mengistimewakan. Bukan,bukan karena bid’ah. Tapi memang tidak peduli. But, wait a sec. Saya ingat, ada yang istimewa. Tepat di usia sweet seventeen. Papi saya memberi ucapan :

“Kon saiki kudu umbah-umbah dhewe!!! (Kamu sekarang harus mencuci pakaianmu sendiri )”

Jangan salah. Itu bukan kado proses pendewasaan.. tapi memang beliau tidak tahu ulang tahunku😀. Dan untuk pertama kali dalam hidup saya waktu itu. saya cuci baju sendiri. Benar-benar kado yang indah bukan???

Kembali ke masa kini, tepatnya masa beberapa bulan yang lalu. Sejak pertengahan Maret 2010 adalah pertanda bagi kami (para mahasiswa tekfis) bahwa……… praktikum elektronika telah dimulai!! Mengerjakan tugas pendahuluan, membuat jurnal. Mengerjakan laporan resmi (disingkat lapres a.k.a. laporan resek, biasanya 60 halaman) Kedengarannya mudah. Tapi menjadi tidak mudah ketika kami harus mengerjakan hampir semuanya di kertas A4 dan ditulis tangan. Bisa mencapai 15 lembar untuk tugas pendahuluan + jurnal. Ada temanku yang beli bolpoin setiap selesai praktikum karena tintanya habis. Bahkan aku membeli 3 bolpoin setiap ganti praktikum (bukan karena tintanya habis, tapi bolpoinku sering hilang… hehehe). Cobaan semseter ini menelan banyak korban. Mulai dari pusing, tidur di kelas, gak mandi(sudah biasa kalau ini), mencret, pingsan, nangis tangisan cino, dan gangguan lain.

Aku juga mengalami hal sama. Penyakit lamaku kambuh : uring-uringan. Wajah gantengku (hehe) beubah jadi angker. Pokoke “senggol bacok” (yang menyenggol, saya bacok :p). Cobaan ini harus kami hadapi selama 10 minggu. Tapi ada 1 hal yang membuat saya bersemangat : sebentar lagi ulang tahunku . Semakin mendekati hari H. Semakin terasa tanda-tandanya. Hujan deras, badai, banjir di danau depan elektro, jalan di BAAK tenggelam, dan………………………………… hehe. ada 1 tanda sebenarnya. Salah seorang temanku yang baik dan polos mengirim sms. Sayangnya bukan sms ulang tahun, tapi sms nyasar!!!!!

“put haryo sesok ultah yo, enake arek iki diapakno? Dijegurno kolam kimia? Diminyaki? Digoreng? G dikerjai ta?”

(translate : put, haryo besok ultah ya? enaknya anak ini diapain? dijeburin kolam kimia? diminyaki? digoreng? g dikerjai?)

Buset! aku tidak keberatan kalo ulang tahunku dirayakan dengan makan2. Tapi kalau yang dimakan itu aku, EMOH!! … yah paling tidak, Akhirnya ada yang peduli dengan ulang tahunku!! Hehehe

Sayangnya hari ulang tahun juga dirayakan oleh pemerintah sebagai hari libur nasional. Tidak ada kuliah hari ini, tidak ada siapa-siapa di kampus, jadi……. tidak ada perayaan apapun. Tapi ternyata 10 hari kemudian, kejutan yang sebenarnya sudah disangka-sangka itu datang. Malam-malam jam 8 Saya mendapat telepon dari seorang cewek. :

“Ngging, ayo nango kampus”

“Lapo nang kampus til??”

“wes ta mreneo pokoke”

“aduh males til, aku lagi ngerjakno lapres” (padahal lagi ndlosor di ruang tamu nonton IM*)

“ayo ta ngging, mreneo..cepetan”

Proses tarik ulur dan paksa-memaksa terjadi. Dan saya kalah😀..

Sampai di kampus ternyata tidak ada orang. Akhirnya aku kembali lagi ke kontrakan. Dan ditelpon lagi, dan disuruh ke kampus lagi. Dan disuruh ke venus (bukan dewi kecantikan, tapi sebutan untuk nama tempat di loteng lantai 3 jurusan teknik fisika ITS). Setelah di venus. Suasana gelap, karena memang tidak ada lampu disana, ada 5 sosok manusia. 2 cowok dan 3 cewek. Mereka sedang menjaga lilin, awalnya kukira mereka sedang ritual jaga babi ngepet. Setelah diamati dan dirasakan lebih jelas ternyata mereka sahabat-sahabatku : Kanti, Ruman, Zetie, Faizal, dan Putri membawa kue ulang tahun, menyambutku dengan lagu happy birthday. Untuk pertama kali dalam hidup, aku akhirnya meniup kue ulang tahunku sendiri (dan benar-benar kue, bukan bubur nasi seperti waktu umurku 5 tahun). Hehe, mengingat saat-saat itu membuatku sedikit emosional :p.

Para sahabat juga menyiapkan kado. Ruman membawa laptop. Wah!!! Mereka benar2 baik ya!!! Tapi kadonya bukan laptop (agak kecewa sih, hehe :p). Mereka menghadiahiku CD (compact disk, bukan celana dalam..) nah, disinilah fungsi laptopnya, para sahabat memutar CD tadi, rupanya isinya video klip ucapan selamat ulang tahun. Inilah ucapan dari para sahabat :

Dari kami…….

Aku ini g hanya koor SC KPP u, tapi temenmu juga, so crita kalo ada apa-apa. Raimu lo, ojo koyo ngejak tawuran po’o. Tapi awakmu pinter…

Putri….

Ketika Anda sukses di terima di PT pertamina nanti, inget2 hari ini ngging, dan jangan lupa, atasanmu engko jenenge pak ruman.. he.

Ruman…

Cukup 1 kata buat kamu ging…. SINGA!!!

Faisal…

Ging, met ultah, moga tambah ceria g sering ngajak wong tawuran n jangan takut pulang ke rumah. Sayang banget ama sungging ^_^

Kanti…

Met ultah yo’ semoga menjadi semakin SINGA!!

Zetie…

Hmm.. kalau saja saya bisa mbrebes mili (termehek-mehek) saat itu, tapi liat video klipnya benar2 membuatku ngakak!!! Gaya mereka konyol2 sih😀. Kalau ada kesempatan saya upload video mahakarya para sahabat.

Bagi banyak orang, mungkin hadiah tadi tidak ada harganya. Tapi bagi saya, ada hal yang jauh lebih berharga, mempunyai teman-teman yang peduli dan setia kawan sebenarnya adalah hadiah terindah di usia saya yang ke-20 ^_^.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s