Journal

FLASHBACK : Mengenang PENGUMUMAN UNAS 3 Tahun Silam

Hari ini (16/05/2011) adalah pengumuman hasil ujian nasional SMA. Sebenarnya tidak ada hubungan langsung sih, mengingat saya bukan lagi siswa SMA. Tetapi moment ini mengingatkan saya pada aura-aura ketika pengumuman Ujian Nasional dulu. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu. Sepertinya baru kemarin lulus SMA dan belum terpikir sama sekali bagaimana rasanya kuliah nanti. Kenyataannya sekarang saya sudah hampir menyelesaikan tahun ketiga kuliah di ITS dan sebentar lagi memasuki tahun terakhir.

Hampir tiga tahun lalu, pas malam sebelum pengumuman UNAS, saya ber Mxit-ria (M-xit : aplikasi chatting HP yang sangat marak waktu itu) dengan teman-teman se SMA. Yang dibahas, tentu saja pengumuman Ujian Nasional. Ada yang panas dingin, cemas, deg-degan. Ditambah lagi isu-isu yang beredar di chatting. Ada yang mengatakan kalau beberapa orang tidak lulus, ada yang bilang 100% lulus. Bahkan ada yang mengatakan kalau salah satu anak tembus 5 besar Jatim. Kabar-kabar burung ini tentu saja membuat kami semakin penasaran.
Pas tengah malam (ya, di akhir-akhir masa sekolah kami memang suka tidur malam). Salah seorang sohib saya, Gilang mengirim SMS :

“Ngging, kamu UNAS mu urutan 5 se Jatim. Selamat ya!!!”

(Ngging itu nama panggilan saya pas SMA, diambil dari nama depan sungging)

Kontan saja, saya plonga-plongo. Ini olok-olokan atau mau nipu? ?

“yeeee, beneran ini, coba cek di internet kalo g percaya”

saya buka internet dan gogling nama : Sungging Haryo Wicaksono. Langsung muncul hasil teratas :

GRESIK, JUMAT – Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA di Kabupaten Gresik cukup sukses. Dari 5.327 peserta UN tahun ini hanya delapan siswa yang tidak lulus dari jurusan IPS. Penyebabnya karena nilai Bahasa Inggris dan Geografi kurang dari standar kelulusan 4,5. Sementara Gresik menempatkan siswanya sebagai peraih nilai UN tertinggi se- Jawa Timur dan nilai rata-rata kumulatifterbaik se-Jatim.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gresik Chusaini Mustaz mengatakan nilai kumulatif jurusan Bahasa Gresik menempati peringkat pertama se-Jatim yakni SMA Negeri 1 Manyar dan peringkat kelima se-Jatim yakni SMA Negeri 1 Sidayu. Nilai kumulatif jurusan IPA Gresik menempati urutan ketiga setelah SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi dan SMA Negeri Kedungpring Lamongan.

Dalam nilai UN perorangan jurusanIPA siswa dari Gresik menempati urutan pertama yakni Ridho Miftahul Dhiqi dengan nilai UN 57,85, peringkat ketiga Santi Wahyuni (57,65) dan peringkat kelima Sungging Haryo Wicaksono (57,25) semuanya siswa SMA Negeri 1 Gresik. Berdasarkan keterangan dari provinsi nilai perorangan jurusan Bahasa siswa dari Gresik se-Jatim menempati urutan pertama yakni Selvy Rizki Amalia (54,60) dan peringkat keempat Anita Chairawati Anami (53,75) semuanya dari SMA Negeri1 Manyar.

“Namun setelah kami teliti lagi ternyata masih ada yang nilainya lebih bagus dari Anita yakni Fathur Rochman (54,35) dan Sulthon Datriyanto (54,05). Bisa jadi justru peringkat 1-5 jurusan Bahasa diraih Gresik semua. Kami akan cek lagi ke provinsi. Untuk jurusan IPS tahun ini Gresik tidak ada yang masuk 10 besar Jatim. Sementara untuk siswa yang tidak lulus kami sarankan mengikuti ujian paket C,” kata Muztaz.

sumber: kompas

besoknya, pas datang ke SMA. Anak-anak memberikan kami selamat (Ridlo, saya, dan Santi kebetulan teman sekelas). Mereka menyalami kami. Begitu pula adik-adik kelas yang biasanya rese’ ikut-ikutan bersorak waktu saya masuk lapangan. Kami bertiga diajak ke ruang guru. Ternyata ada wartawan yang mau wawancara. Besoknya dan besoknya lagi beberapa wartawan juga mendatangi Sekolah dengan tujuan yang sama. Mengenang masa-masa itu sangat membahagiakan. pertama dan terakhir kalinya saya masuk di beberapa media cetak. Hehehe.

Tetapi tidak ada hadiah yang lebih indah selain mengingat wajah bahagia orang tua, teman, terutama Guru-guru saya. Alhamdulillah, saya bisa sedikit membalas ilmu, didikan, dan perhatian yang mereka berikan selama 3 tahun.:)

2 thoughts on “FLASHBACK : Mengenang PENGUMUMAN UNAS 3 Tahun Silam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s