Journal

Secercah Harapan untuk Kerja Praktek (KP)

Seorang laki-laki berpakaian rapi,

membawa jilidan kertas dengan semangat membara

melangkah dengan mantap ke lantai dua kampus

setibanya di depan ruang Ka Sie Kerja Praktek

dia mengetuk pintu dan masuk.

Sepuluh menit kemudian, laki-laki itu keluar ruangan

Namun semangat yang terpancar di wajahnya tadi hilang.

Digantikan dengan muka tertunduk lesu tak berdaya..

Yakkk.. inilah korban ke 57, mahasiswa yang proposal kerja prakteknya ditolak dosen.. wakakak

Di kampus, kerja praktek sudah jadi momok bagi mahasiswa semester enam. Persoalannya bukan di industri tempat kami kerja praktek, tapi ada di dosen kerja prakteknya. Dosen menginginkan bahwa masalah dalam proposal KP harus jelas. Dan di lapangan nanti, mahasiswa harus dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di industri. Sebagai contoh, kalau di industri mengalami masalah perkaratan di boiler. Mahasiswa yang kerja praktek harus menyelesaikan masalah tersebut.

Aduhh.. boro-boro menyelesaikan. Kalau teknisi yang sudah bekerja puluhan tahun di sana belum nemu solusi. Apalagi mahasiswa yang masih polos dan belum lulus?

Sejak awal saya sudah males berurusan dengan proposal kerja praktek,akhirnya saya mencari jalan keluar lain : ikut program internship/ magang. Karena magang tidak perlu pakai proposal dan biasanya langsung di ‘OK’. Kebetulan waktu Studi Ekskursi di Bali beberapa waktu lalu kami mengunjungi pabrik coca cola di Bali dan katanya disana membuka internship tapi jumlahnya terbatas. Berhubung waktu kerja praktek tinggal 1 bulan (terhitung mulai Juni akhir) Sedangkan akhir Mei saya masih terlunta-lunta dan gak jelas mau KP dimana. Akhirnya, saya coba telepon CP disana. Alhamdulillah sambutannya baik dan minta dikirim CV beserta surat rekomendasi dari jurusan. Unfortunately, surat rekomendasi jurusan tidak bisa ditandatangani, karena dosen KP yang baik hati, minta surat keterangan resmi kalau Coca Cola Bali membuka program magang. Kalau gak ada, yahh tidak mau tanda tangan..
Yahhh, lagi-lagi dipersulit. Kemudian saya kirim email dan minta bantuan dari Coca Cola, (siapa tahu) mau kasih surat keterangan :

Haryo Wicaksono <sapi_buntek@yahoo.com>
Selamat malam Bu Thesa, saya Haryo, rekan Faizal yang tadi pagi menelpon Ibu tentang permohonan internship dan program CSR yang kami ajukan. Saya sampaikan terima kasih atas informasi yang Ibu berikan.
Sebelumnya saya beritahukan bahwa untuk surat permohonan internship dan CSR , curiculum vitae, dan surat rekomendasi dari jurusan untuk dua orang sudah kami siapkan. Tetapi di jurusan masih ada satu kendala. Agar dapat mengikuti internship dari pihak jurusan mengharuskan adanya pemberitahuan dari perusahaan yang bersangkutan bahwa di PT Coca Cola Amatil Indonesia Bali membuka program internship dan CSR. Setelah itu dari jurusan baru bisa menandatangani surat rekomendasi. Jadi posisinya sekarang, surat rekomendasinya sudah ada, tetapi belum bisa ditandatangani karena belum ada keterangan dari PT Coca Cola Amatil.
Bersama surat ini kami lampirkan berkas-berkas yang diperlukan, termasuk surat rekomendasi jurusan yang belum ditandatangani. Kami berharap dari Ibu Thesa atau Pihak Coca Cola Amatil Indonesia Bali bersedia memberikan pemberitahuan mengenai program Internship dan CSR untuk pihak jurusan.
Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya. Have a fruitfull and blessed days

Sincerely yours
Sungging Haryo Wicaksono

Besoknya email saya dibalas

From: “Thesa.Anggi@sea.ccamatil.com” <Thesa.Anggi@sea.ccamatil.com>
To: Haryo Wicaksono <sapi_buntek@yahoo.com>; iz_is_my_id@yahoo.co.id
Cc: Sekar.Adelina.Rara@sea.ccamatil.com
Sent: Thu, May 12, 2011 4:06:36 PM
Subject: Re: CCA Internship and CSR Program

Dear all,

ok, setelah ada konfirmasi internal, saya konfirmasikan surat dari kami ya
sekaligus untuk kalian bertiga.

Sekali lagi, bahwa sifat dari interhsip ini unpaid.
Tetapi terus terang karena kita sedang arrange event, akan sangat tinggi sekali load kerjaannya, plus banyak mobile
mudah2an kalian ok dengan ini ya,
but trust me, kalian bisa belajar banyak

cv di bawah ini tidak bisa dibuka (tidak bisa buka rar), boleh send by pdf??
anyway, kapan kalian bisa mulai join?

thank you,

Untung saja, CP yang saya hubungi orangnya sangat ramah dan selama ini banyak membantu, dan membaca tulisan ‘anyway, kapan kalian bisa mulai join?’ membuat saya bergairah, hehee.. Saya balas emailnya hari itu juga :



Haryo Wicaksono <sapi_buntek@yahoo.com>
Dear madam,
sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama Bu Thesa. We are very glad about it.
That’s okay, jika program ini unpaid. karena memang tujuan utama kami adalah untuk belajar mengenai proses produksi serta program CSR di CCA dan menambah pengalaman berharga disana. (beside for completely my universitie’s assigment for field work).
Untuk masalah padatnya jadwal kerja,
kami akan mencoba menyesuaikan dengan kondisi disana, tetapi saya rasa tidak menjadi masalah karena sudah terbiasa dengan padatnya kegiatan kuliah di ITS. i’m sure that it will be a great holiday with many interest activites
berikut ini kami lampirkan CV dan persyaratan dalam bentuk PDF.
untuk waktunya kami sedang menunggu kepastian jadwal libur dari Institut karena ada pengunduran jadwal Ujian Akhir Semester (Sekitar akhir Juni sampai dengan awal Juli) .Kami akan segera memberikan kabar jika ada informasi terbaru.

Have a nice day,
Sincerely yours

Saya kira, dari sini masalahnya selesai sudah. Tinggal menunggu balasan email dan beres. Tapi setelah ditunggu satu minggu, dua minggu, tiga minggu, tidak ada balasan. Bahkan setelah menginjak Bulan Juni. Kurang dari satu bulan sebelum kerja praktek. Para mahasiswa yang belum dapat tempat pasti kebakaran jenggot, termasuk saya. Dalam (sedikit) keputusasaan, saya menelepon Bu Thesa lagi. Walahhh. Ternyata dia lupa ngecek email. Finally, dapat balasan email terakhir yang saya tunggu-tunggu :

Re: CCA Internship and CSR Program

From: “Thesa.Anggi@sea.ccamatil.com” <Thesa.Anggi@sea.ccamatil.com>

View Contact

________________________________________
Hi, Haryo

Regarding to our discussion, through this email we confirm names below to have internship in Coca-Cola Amatil Indonesia Balinusa
Corporate Affairs Dept.
1. Sungging Haryo Wicaksono;
2. Fista Rachma Danianta
3. Faisal Maulana

We expect third of you can start around 20’s June, would be better if you can start earlier
CCAI’s going to have a big event on July 1,2,3- which is it would be a great opportunity for you all to learn much more in organizing our event
Besides, we also have CSR activities

Usually, the internship will be held for 1 month session, but can be extended depends on situation and condition

Thank you for your interest to join with us

Regards,

Cihuiii..
Dapat juga konfirmasinya. Tinggal menunggu hari senin (06/06/2011) untuk maju dan tanda tangan surat. Semoga hari senin tidak ada masalah dan langsung dapat tanda tangan. Setelah itu, segera berangkat ke TKP akhir bulan Juni.
Aseeekkk.. Balii… i’m coming :D….

10 thoughts on “Secercah Harapan untuk Kerja Praktek (KP)

  1. @weny : Keberuntungan tiap orang beda2 wen. Haha, lgpula kamu udah dapat tempat KP kan? Hehe..Ssst… Ojo ngerasani uwong,dosa.. Haha, sekarang gampang kok lolos e..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s