Journal

Tugas ini Membunuhku

Senin 6 Juni 2011
Pukul 13.00
kuliah sistem pengendalian reaktor bio. bapak dosen menjelaskan panjang lebar tentang koefisien pertumbuhan mikroorganisme, bagaimana mikroorganisme dalam bioreaktor harus disuplai dengan substrat dan pengenceran dan dimodelkan dalam persamaan. , dan.. wahh, tidak perlu saya jelaskan lagi. pasti bikin mual. Setelah seratus menit berlalu, di akhir kuliah pak dosen mengumumkan

‘besok kita ada kuliah tambahan ya. kuliah kita kurang satu pertemuan, besok kita mulai jam tujuh pagi’
Pengumuman ini disambut keluh kesah dari anak-anak..
‘dan jangan lupa ada tugas kelompok, presentasi tugas akhirnya mahasiswa’
Segera setelah pembagian tugas, kami berhamburan keluar kelas.ngapain ya? Setelah saya mengingat-ingat, besok banyak deadline tugas!
1. tugas bioreaktor tadi.
2. ada tugas sistem fotonik bikin makalah (mirip-mirip proposal tugas akhir/skripsi gitu)
3. tugas Sistem Instrumentasi makalah merancang SIS dan presentasi (ini tugasnya apa juga belum tahu, gara2 waktu dikasih tugas saya gak masuk. Hehe
4. Laser : tugas kelompok bikin jurnal
Kedengarannya simpel, but believe me. kalau kita dapat tugas segunung dan hampir semuanya bentuk makalah. dijamin bingung.
Saya putuskan mengerjakan yang no. 2 dulu, setelah Sholat, kemudian berkutat dengan tugas ke 2., ketika waktu menunjukkan pukul 5 sore kurang, ada yang sms :

‘Ging, ayo acc (asistensi) saiki’
OMG, lupa. Ada asistensi praktikum jam 5, dan saya belum menyiapkan apapun buat tugasnya. Yahh apa boleh buat. mbonek (Bondo nekat/ modal nekat) ae wes. Hasilnya, asistensi pun gagal total. Hehe
Setelah asistensi , saya putuskan balik ke kontrakan dan mandi dulu, baru balik ke Kampus. Setelah mandi, dan Maghriban. Saya tertidur (soalnya waktu hari minggunya juga ngelembur tugas), jam 7 lewat terbangun dan di Hp ada inbox sms :
‘Teman-teman Rapat sudah dimulai, ayo segera datang ke P100’
Oh, iya. Lupa malam ini ada Rapat kabinet jam 7 malam! Segera saya meluncur ke TKP dengan tergesa-gesa. Ternyata memang rapatnya sudah dimulai dari tadi. Melihat agenda rapat yang panjang saya membatin ‘ini rapat selesai jam berapa ya?’
Jam setengah 10 pertanyaan saya terjawab, rapat baru saja ditutup dan HP saya ada sms masuk lagi
‘Teman2 ayo kita ngerjakan bio reaktor’
Eh, ada sms yang lain juga.
‘Sung, tugas lasere piye? Ayo nggarap nang lab’
(translate : sung, tugas lasernya gimana? Ayo ngerjakan di lab)

Untung saja tempat untuk mengerjakan keduanya sama : Di lab. Saya kerjakan laser dulu, bagi-bagi tugas mentranslate jurnal bahasa inggris 10 lembar, saya bagi-bagi dengan kelompok saya (1 kelompok 3 orang) selesai jam sebelas lebih. After that, membantu teman kelompok saya yang lain membuat slide presentasi bioreaktor untuk jam 7 pagi. Maunya dipelajari dulu materinya, tapi berhubung sudah mepet, besok saja saya pelajari waktu presentasi. Hehe. Setelah kelar sekitar jam dua belas kurang seperempat. Saya ke lantai dua kampus, disitu sudah ada teman saya yang lain menanti untuk mengerjakan tugas Sistem Instrumentasi. Kelar jam setengah 1. Setengah jam selanjutnya saya pakai untuk melanjutkan mengerjakan makalah tugas yang no.2 tadi dengan mata 5 watt. Yah, Alhamdulillah selesai juga. Hehe. Saya langsung balik ke kontrakan dan tidur.

Selasa 7 Juni 2011

Pukul 07.00 : Bioreaktor
Kuliah tambahan bioreaktor, dan kelompok saya dapat rejeki untuk maju presentasi pertama kali. Itupun setelah baru mempelajari materinya sepuluh menit sebelum presentasi. Alhamdulillah lancar jaya, hehe.. (Cuma kelompok saya yang lolos, kelompok-kelompok yang lain disuruh presentasi ulang di ruangan dosennya, karena salah ngerjakan.. :p)
Kuliah diakhiri jam 08.30, Saya baru ingat makalah sistem fotonik belum di print. Segera saya keluar kampus dan mencari rental print dan penjlidan. Semua proses selesai jam 9 lebih 10menit. (padahal kuliahnya jam 9)

09.10 : Sistem Fotonik

Saya masuk kelas dan kuliah sudah dimulai, untung bapak dosennya baik hati dan saya diperbolehkan masuk. Maksud hati mau menyerahkan tugas, tetapi beliau berkata :
‘Makalahnya dikumpulkan hari Kamis, sekarang kita ada tugas lain, silakan kerjakan dan dikumpulkan hari ini’
Yaaaa. Padahal sudah susah-susah ngelembur. Ternyata pengumpulannya diundur.

11.00 Sistem Instrumentasi

Kami menunggu selama beberapa menit, kemudian ada pengumuman :
‘Hari ini tidak ada kuliah, dosennya tidak masuk’
Lahh.. lalu tugas dan presentasinya bagaimana?
‘Silakan kumpulkan di loker’
Satu lagi tugas yang lolos dari lubang jarum.


13.00 Laser
Sebenarnya ada dosennya sih, tapi waktu kuliah beliau berkata :
‘Hari ini kuliahnya kita ganti dengan diskusi jurnal di ruangan saya, diskusi bisa dimuai hari ini sampai jumat besok. Bagi yang sudah diskusi silakan absen, silakan jurnalnya dibawa dulu.’
kalau tahu begini mending kemarin saya tidur saja,
-Tugas kok ditundah kabeh- (-_-“)

Itu tadi sedikit gambaran tentang bagaimana kuliah saya setiap harinya selama tiga tahun, dengan tugas bejibun dan praktikum hampir tiap malam. Hehehee. Tapi untungnya saya masih menikmati kuliah, karena banyak hal yang sangat menarik disini. Yoo. Semangat Kuliah😀..

8 thoughts on “Tugas ini Membunuhku

  1. ray SKM..alumni unhalu..kemaren sempat 1 smester d unhas ambil pascanya..tapi langsung dapat kerjaan d kendari,hihihihi…btw, banyak nih yang nyangkanya ray antek..apa karena muka ray yg garang ya?wkwkwkwkwkwwkk

  2. O, Haluoleo to…Iya, kalo udah umur 20an males belajar lagi, pengennya kerja.. Hehe,Gak garang kok, tapi terlihat seperti cewek yang tangguh, wkwkwk ;p

Leave a Reply

