Journal

Surat dari Idola??

“Baik, tulis sepuluh mimpi selama kepengurusan dan tulis orang yang menjadi idola/ teladan kalian”
Kejadian ini berlangsung hampir satu tahun yang lalu ketika rapat kabinet di awal kepengurusan HMTF (Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika). Setelah sepuluh menit berlalu, mimpi-mimpi sudah berhasil saya tulis meskipun beberapa diantaranya ada yang ngawur. Sekarang giliran idola/teladan.Terus terang tidak ada gambaran sama sekali siapa orang yang menjadi teladan saya selama ini. Sempat terpikir untuk menulis Rasulullah, tetapi tadi kahima juga menambahkan kalau bisa, idola kami masih hidup. Beberapa menit, saya berpikir keras. Terlintas dalam memori saya ketika praktikum Teknik Optik semester tiga, saya diasisteni oleh senior, Mbak Novi (bukan nama sebenarnya) Alasan memilihnya sebagai idola? Sebagai info, Mbak novi adalah salah satu primadona di Kampus yang isinya 75% laki-laki ini (Bagai Oasis di Padang Pasir :p) . Tetapi yang membuat saya respect adalah tutur katanya yang lemah lembut, dia juga pintar (Lulus 4 tahun dengan predikat Cum Laude) dan aktif di Himpunan.
Siapa yang menyangka, tulisan idola ini berbuntut panjang. pada saat penutupan BLAZT (Basic Leadership and Organizing Training- Pelatihan untuk staf Himpunan di awal kepengurusan) rupanya Kahima menghubungi para Idola kami dan didatangkan di acara tersebut. Untung saja idola saya tadi berhalangan hadir karena masih di Jakarta. hehe.. tetapi saya mendapat sepucuk surat dari Mbak Novi. Woaa. Surat ini begitu istimewa bukan hanya karena pengirimnya yang istimewa,hehe. Tetapi isi dari surat yang begitu menginspirasi saya. Sampai sekarang surat ini saya simpan di Mading Kamar :

“Alasan kenapa seseorang tak pernah meraih cita-citanya adalah karena dia tak mendefinisikannya, tak mempelajarinya, dan tak pernah serius berkeyakinan bahwa cita-citanya itu dpat dicapai.
Aku harus melakukan sesuatu yang Aku pikir tak akan bisa Aku lakukan. Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah”

Selama ini itulah yang menjadi prinsip hidup Novi
Yang katanya “telah dicontoh” oleh Sungging… Hehehe =D
Sungging yang menurutku begitu aktif, bertanggung jawab dan serius dalam mengerjakan sesuatu. Itu yang membuatku tidak segan2 memberikan 1 folder TA (Tugas Akhir)-ku yang kamu minta…

Sebagai seorang sekjen di HMTF pastinya banyak amanah yang mesti kamu pertanggungjawabkan. Tapi jadikan tanggung jawab itu sebagai proses pembelajaran buatmu dek… OK??🙂

Seperti yang sudah aku pelajari selama 4 tahun di TF (Teknik Fisika) dek…
Mulai dari awal aku jadi “cemlondo”…
Sampai pada hari ini 9 Oktober 2010 aku berada di sebuah forum internasional, berhadapan dengan para jenius dari negara-negara lain…
Banyak proses yang dilewati untuk menjadikan semua itu terjadi.
Banyak tangis, keringat, lelah, sakit, dan putus asa di dalamnya….
Tapi bisa juga kan akhirnya?🙂

Hidup di TF itu bagaikan kepompong (bukan sinetron lho… he3),
Hal itulah yang aku pelajari waktu aku jadi SC angkatanmu dulu…
Bahwa maba (Mahasiswa Baru) adalah ulat yang apabila dibiarkan begitu saja maka ia akan jadi hama yang merusak.
Tapi kalian begitu istimewa di hati kami, karena kalian bukan ulat biasa, tetapi Ulat Sutra yang begitu berharga…
Maka dari itu kami menyiapkan pohon yang khusus untuk kalian tinggal.
Setelah melewati tahun pertamamu disini, kamu pun mulai sibuk dengan kegiatan himpunan..
Maka kamu adalah kepompong, yang ternyata sangat bermanfaat meskipun kamu belum menyumbangkan pemikiran..
Dan setelah kamu menjadi pengurus himpunan, pemkiran dan ide-mu lah yang menjadikan HMTF HIDUP

Sebagai seorang sekjen, kamu adalah kupu-kupu yang indah…
Tapi yang perlu diingat buatmu dek, kupu-kupu tak lagi jadi indah ketika ia tidak mengepakkan sayapnya…
Jadi tetaplah aktif di organisasimu…
Serta pertanggungjawabkan semua amanah yang telah dibebankan kepadamu🙂

Jika kamu memulai sekarang, kamu akan tahu banyak hal yang sekarang tidak kamu ketahui, dan kamu tak akan mengetahui masa depan jika kamu menunggu-nunggu.
Karena setahuku, orang-orang yang sukses adalah orang yang telah belajar membuat diri mereka “melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak.”

MY BEST REGARD,
NOVI ……, ST. (F41)

12 thoughts on “Surat dari Idola??

  1. myelectricaldiary said: wkwkwkwkwkwkwwk..ray anak kesehatan ajah banyak yg ngirain anak teknikgimana kalu antek beneren yaa?hahahaha

    dikira anak ekonomi kali ray.. *lhoo*well. jadi anak apapun tidak masalah. yang penting ray jadi istri profesor. hahahaha😀

  2. ikanberenang said: dan saya sampe sekarang masih belom diangkat…kapan ya bisa masuk ke HM-HM seperti ini -_-“

    Wee.. belum diangkat ya? udah wes.. demoen aja si Grandis.. wwkwkkkk :pSabar sist… cerita pengkaderanmu akan indah pada waktunya🙂, tahun kedua pasti bisa jadi pengurus Himpunan, asalkan masih mengikuti kaderisasi dan bisa dibaiat. This is an important process in your life😀

  3. huflepuff said: dikira anak ekonomi kali ray.. *lhoo*well. jadi anak apapun tidak masalah. yang penting ray jadi istri profesor. hahahaha😀

    aryoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

  4. huflepuff said: demoen aja si Grandis

    and seriously u know my KAHIMA’s name? hahaha dasar anak ITS.. gara2 kelamaan gini saya malah jadi males ikut himpunan ya hahah entah mau eksis dimana nih saya jadinya :pmau ikut BEM, PRA TD aja gak lulus..heuuuu –“eh kok jadi curhat? :p

  5. ikanberenang said: and seriously u know my KAHIMA’s name? hahaha dasar anak ITS.. gara2 kelamaan gini saya malah jadi males ikut himpunan ya hahah entah mau eksis dimana nih saya jadinya :pmau ikut BEM, PRA TD aja gak lulus..heuuuu –“eh kok jadi curhat? :p

    Hehe.. of course i know. we ever met each other… kenal Diaz juga.. :Dweettsss ati2 lo ngomong gini kalo ketahuan, warga :p..Nikmati saja. jadi staf juga gak kalah beratnya jadi Maba…🙂 Heehh emang ada Pra TD gak lulus? yang ada Belum lulus. dulu saya belum lulus juga bisa daftar BEM kok.. Sayang kalo tahun kedua mu gak ikut Ormawa.. Ada banyak hal yang bisa didapatkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s