Journal

Cerita KP Part 2 : Dari bersih-bersih Pantai sampai Ketemu Menteri

Akhirnya kesampaian juga menulis cerita KP untuk kedua kalinya (saat ini sedang pergi jauh dari kos-kosan dan menemukan McD di Robinson Denpasar, hehe ). Pada hari Kamis (30 Juni 2011) kami berlima yang KP di CSR Coca Cola survei ke 3 Pantai (Kuta-Legian-Seminyak) untuk persiapan acara esok hari. Tanggal 1, 2, dan 3 adalah serangkaian kegiatan yang diadakan Coca Coladan Quicksilver untuk mengkampanyekan Bali Beach Clean. (Ini adalah salah satu respon dari artikel Times yang menyebut Bali sebagai ‘Neraka’). Kami survei dari pantai ke pantai dengan mobil bos. Bosnya baikkk dan bening pisan euy,. Hehehe.. ternyata bos kami lulusan S1 angkatan 2005.


‘Okay, besok kita kumpul lagi. Check point di KBSTC Pantai Kuta. jam 6’ kalau ada kaos warna merah dipakai ya. And it’s better if you bring wardrobe’ Kata bos setelah survei selesai. Kami pulang ke tempat kos-kosan di daerah krobokan (sekitar 25 menit dari Kuta). Sebenarnya besoknya saya sudah bangun jam setengah 5 pagi. Sudah mandi dan siap-siap berangkat. Tapi karena yang lain masih mbangkong (akibat malamnya main warcraft) jadi baru berangkat jam setengah 7 (WITA). Sampai di TKP sudah hampir jam 7. Untung bos yang berhati mulia tidak pernah marah.
Pagi ini aktivitas yang pertama, sebagai langkah nyata mewujudkan Bali Beach Green and Clean para Kp-ers dipersenjatai dengan garu dan karung gula untuk MEMBERSIHKAN SAMPAH DI PANTAI. Wahahaha. Bersama-sama dengan petugas disana kami mulai menggaruk-garuk pasir agar bersih dari plastik, puntung rokok, daun kering, kertas. Salah seorang nyeletuk : Dadine 3 taun kuliah sinau fiber optic, tuning ziegler nichols, metode Root Locus, karo spektroskopi ngene iki hasile. Translate (Jadi ini hasilnya setelah 3 tahun kuliah, belajar fiber optic, tuning ziegler nichols, metode Root Locus, dan spektroskopi)😀. Ternyata membersihkan pantai seru juga.
Inilah wajah-wajah bahagia KP-ers

Tak diduga setelah sekitar setengah jam kami memanjakan pasir dan nyawuk-nyawuk sampah. Datang iring-iringan mobil masuk kep pantai Kuta. Yang paling depan adalah mobil polisi diikuti Toyota Alphard dengan Plat nomer RI 37 dan beberapa mobil lain. Kemudian bos saya menelepon ‘Haryo kamu standby di dekat KBSTC ya, dokumentasi menteri lingkungan hidup’. Rupanya waktu itu ada Pak Gusti Muhammad Hatta (Menteri Lingkungan Hidup) yang meninjau Pantai Kuta.


He’s coming……

Sedangkan pihak PR Coca Cola masih belum menyiapkan kamera untuk dokumentasi. Kebetulan saat itu saya bawa kamera. Lumayan lah… Mengamati Pak menteri dari dekat.


Pak Menteri mengamati tempat penetasan penyu
Mula-mula Pak menteri mendatangi petugas kebersihan dan foto bersama mereka, kemudian meninjau posko Konservasi Penyu dan melihat tempat penetasan telurnya. Mereka menjelaskan bahwa saat ini populasi penyu terancam. Salah satunya akibat sampah plastik yang bertebaran di pantai maupun laut dan dimakan penyu (yang mengira plastik adalah ubur-ubur) akibatnya penyu keracunan dan mati. Para ilmuean juga memperkirakan bahwa diantara 1000 ekor anak penyu yang menetas. Hanya 1 yang akan bertahan hidup sampai dewasa. Setelah berkeliling kurang lebih 1 jam. Pak Hatta berpamitan dan menuju Hotel Harris (Tempat diskusi panel masalah lingkungan di Bali).

Menuju Harris Hotel

Itu adalah sedikit cerita di hari Jumat. Sekian dulu ceritanya ya. Cerita lain menyusul. Hehe.

22 thoughts on “Cerita KP Part 2 : Dari bersih-bersih Pantai sampai Ketemu Menteri

  1. emokidonlastevening said: aih bosnya bening… yg baju merah ya kk?

    Hoho.. bukan pit.. tapi emang PR Coca Cola yang cewek bening semua. hahaha. nanti saya upload masbro. tunggu saatnya. :p

  2. ikanberenang said: enaknya KP bisa jalan2 terus ke pantai.. ya walopun jadinya bersih2 pantai hihi

    Ssttt jangan bilang-bilang anak ITS ya. AIB.. hahahaha😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s