Journal

Bromo 11/11/11-12/11/11 : (1) Keberangkatan yang Sedikit Tertunda

Menikmati akhir pekan menjadi hal yang cukup langka bagi saya di semester 7 ini. Serbuan tugas kuliah, tanggungan tugas akhir, hampir setiap hari datang. Apalagi minggu sebelumnya ada ujian tengah semester (UTS). Untung saja, di tengah kesibukan ini, hari jumat 11-11-2011 sampai besoknya saya sempat mencuri waktu untuk pelesir ke Gunung Bromo, Probolinggo. Bisa dibilang tanpa persiapan sih. Sebenarnya rencana ke Bromo sudah dicetuskan oleh salah satu teman saya seminggu sebelum UTS, tapi gara-gara banyak yang tiba-tiba membatalkan diri untuk ikut si empunya acara juga membatalkan rencana perjalanan. Sampai akhirnya ada yang berisiniatif untuk membuat acara sendiri (dan baru H-1 fix). 8 orang memutuskan untuk ikut, termasuk saya. Kami berangkat naik mobil sewaan jam 6 sore. Tapi keberangkatan kami molor lebih dari 1 jam karena 1 hal : ada yang mendadak mules waktu di kos dan terpaksa harus ‘nyelengi’. Salah satu teman saya nyeletuk :

“Waduhhh… Aku iki wes kate dadi Sarjana, sek ngenteni wong ng*sing!!!”

Setelah jam 7 lebih, kami akhirnya bisa berangkat. Seperti yang sudah diprediksi, jalanan Surabaya macet malam itu karena sudah mendekati akhir pekan. Apalagi ketika sudah sampai di Porong. Jalanan macceeettttt, untung mobil kami masih bisa melaju meskipun selangkah demi selangkah. Oh ya, ada kejadian ganjil juga ketika kami di jalan tol Surabaya-Gempol. Pada saat kami sampai di gerbang tol Gempol (ini gerbang terakhir sebelum ke jalan Raya Porong), ketika kami mengulurkan karcis dan hendak membayar tol, si petugas melambaikan tangannya memberi isyarat agar kami langsung melaju, atau secara non-verbal Bapak tadi mengatakan ‘langsung ae mas, ora usah bayar’. Entah kenapa saya juga heran, mungkin bapak tadi terpesona dengan style kami, atau karena prihatin melihat wajah-wajah mahasiswa melas yang duitnya lagi seret di akhir pekan, hehe..
Setelah melewati jalanan padat di Porong, kami sampai di Pasuruan. Saat itu sekitar jam 9 malam. Karena ini adalah jam-jam aktif mahasiswa untuk melek, kami mengobrol ngalor-ngidul, tapi yang paling sering menghuhat salah satu dari kami yang sukses menunda keberangkatan rombongan ke Bromo gara-gara ‘ng*sing’ (menghujatnya cuma bercanda sih :p).

“Gara-gara kowe beol, kene kejebak macet nang porong”
“Gara-gara terlalu konsentrasi ngenteni arek ng*sing, sampe lali nggowo bendera angkatan”

Untung baginya, beberapa waktu kemudian stamina kami sedikit berkurang dan hujatan e’ek perlahan-lahan berakhir. Satu persatu dari kami mulai tertidur. Saya yang masih belum bisa memejamkan mata saat itu melihat-lihat jalanan sepanjang Pasuruan-Probolinggo. Momen sakral 11-11-11 rupanya benar-benar dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, paling tidak ada 7 hajatan pernikahan yang saya lihat di pinggir jalan Raya, dengan lagu khas hajatan (mulai shalawat nabi sampai alamat palsu) yang terdengar sepanjang jalan. Setelah beberapa jam, saya juga mulai mengantuk dan tertidur. Mobil yang kami tumpangi mendadak berhenti, saya kira sudah sampai di tempat tujuan dan mulai membuka mata, ternyata kami terjebak macet lagi, huhu.. Karena sudah melek saya mulai melihat-lihat jalanan lagi, ada rumah makan yang membuka promosi aneh “Bakso Solo, HARGA HANCUR!!”. eh,, setelah diamati lagi ternyata itu iklan dari papan reklame yang berbeda (satunya lagi iklan toko yang lagi cuci gudang, hehe)
Jam 12 malam kami sampai di tempat persinggahan, rumah kerabat teman saya di dekat Gunung Bromo. Saat keluar mobil, udara dingin dibawah 10 derajat Celcius menerpa wajah kami. Wuihhh.. Ademm bener.. Karena target pertama adalah melihat matahari terbit di penanjakan. Kami menunggu dengan tidur sebentar sampai jam setengah dua (yang akhirnya molor satu jam lagi, hehe)

Bersambung

20 thoughts on “Bromo 11/11/11-12/11/11 : (1) Keberangkatan yang Sedikit Tertunda

  1. bambangpriantono said: Plus grecokan dari orang jauh

    Orang jauh siapa mas? hehe.. Untung saja diajukan hari jumat mas no, hehegpopo mas no, da tamu dari jauh. Tamu adalah raja.😀

  2. bambangpriantono said: Hehehehehehe…Kapan mrene yo

    Sebentar mas no, saya mau ngomong ala mahasiswa aktivis.. heheeAda dua persepsi yang saya tangkap dari statemen diatas :1. Anda berandai-andai. kapan Anda bisa mengunjungi Gunung Bromo2. (saya yang ge’er) apakah ini adalah tawaran untuk mengunjungi kota Atlas..hahaaa.. asli bingung aku :p

  3. huflepuff said: Sebentar mas no, saya mau ngomong ala mahasiswa aktivis.. heheeAda dua persepsi yang saya tangkap dari statemen diatas :1. Anda berandai-andai. kapan Anda bisa mengunjungi Gunung Bromo2. (saya yang ge’er) apakah ini adalah tawaran untuk mengunjungi kota Atlas..hahaaa.. asli bingung aku :p

    Hahahahaha..kalimat bersayap yo?Maksudku kapan awakmu mbolang nang kota Atlas Katropolitan *tampol cek gak kege-eran*

  4. emokidonlastevening said: makane nang mobil cepak kresek, cek iso ngising nang mobil :))

    Gagaga.. gak perlu kresek, mari iki mahasiswa Indonesia ngerancang mobil bertenaga biodiesel pit, bahan bakare teko fermentasi ‘kotoran manusia’. Dadi siap-siap selang gawe saluran nang tangki bensine.. hahaaaaa ;D

  5. bambangpriantono said: Hahahahaha..kalimat bersayap yo?Maksudku kapan awakmu mbolang nang kota Atlas Katropolitan *tampol cek gak kege-eran*

    Iki jenenge kalimat ambigu mas no (jare guru bahasa Indonesia)Oh.. berarti ge erku bener.. hahaa.. Insya Allah, kalau ada waktu dan ‘doku’. (dan semoga dalam waktu dekat ini)🙂

  6. huflepuff said: @mbak anaz : semua berawal dari 1 hal mbak naz.. heheekalau disana ada gunung apa mbak? saya tahunya Kinabalu :p

    Mbak juga tahunya KInabalu😀

  7. fuyuki said: kalo saya ke Surabaya lagi entar2 ajakin saya ke gunung bromo ya, seems fun…

    Insya Allah dit. Kalau waktunya sempat. Surabaya Bromo 3-4 jam perjalanan soalnya😀.Wie gehts?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s