Journal

Catatan Akhir Tahun 2011 : Escape to Batu, East Java

“Ini adalah tahun baru terakhir kami ketika kuliah”, Ujar salah seorang teman saya menjelang pergantian tahun 2011 kemarin. Bisa dikatakan 90% benar. Karena saat ini adalah tahun keempat saya dan teman-teman angkatan 2008 Teknik Fisika ITS. Dengan asumsi jika kuliah kami lancar, kami akan wisuda di Bulan September 2011 (syukur-syukur kalau bisa wisuda Maret, hhe). Karena itu, kami menginginkan sesuatu yang berbeda dalam pergantian tahun ini. Diawali oleh ide teman saya yang hobi bolang (sekaligus teman sekamar saya), kami merencanakan tanpa persiapan untuk pergi ke Batu. Dulu batu merupakan bagian dari wilayah Malang, Jawa timur. Hari Sabtu, 31 desember 2011 kami berkumpul di kampus. Menurut perjanjian awal, kami berangkat pukul 08.00. tetapi karena ada beberapa kendala (molor), kami baru bisa berangkat pukul 10.00. Ada 11 orang yang ikut, termasuk di dalamnya dua Mahasiswi. Sepeda motor masih menjadi pilihan transportasi favorit kami.
Setelah enam motor dan sebelas orang berkumpul, dimulailah perjalanan kami. Sejak berangkat dari Surabaya, jalanan sudah padat. sepertinya banyak orang yang memiliki pikiran sama untuk melewatkan akhir tahun ke luar kota Surabaya. Meskipun di Surabaya sendiri juga tidak kalah ramai. Memasuki wilayah Sidoarjo sampai menuju porong juga tidak kalah ramai. sepeda motor saya tidak bisa mencapai kecepatan lebih dari 50 kilometer per jam. sepeda motor dan kendaraaan pribadi lain mendominasi jalanan, rata-rata dengan plat nomer L. Sampai di porong. wah, jangan ditanya lagi. Macetnya lebih parah. Kendaraan roda empat dari gerbang tol porong ke jalan Raya berlimpah dengan volume yang luar biasa. Kemacetan total memang sudah menjadi hal biasa di lokasi ini setelah peristiwa lumpur Lapindo. Tapi untungnya kami tidak terlalu berlama-lama disini karena sepeda motor masih bisa ‘blusukan’ diantara mobil, bus, dan kontainer. selama 20 menit yang berat. akhirnya sepeda motor yang saya tumpangi bisa keluar dari kemacetan porong (dan bersiap menghadapi kemacetan lain). :p
Melewati Pandaan, jalanan relatif lancar, meskipun lebih padat daripada hari-hari biasanya. Sampai kami masuk di wilayah Purwodadi, dekat dengan perbatasan Malang. Jalanan padat lagi. sepeda motor kembali harus melaju perlahan-lahan. Berlimpah ruahnya mobil dan sepeda motor ini tidak berkurang, justru semakin banyak ketika memasuki kabupaten Malang. Cobaan tidak berhenti sampai disitu. Di tengah perjalanan, hujan turun. Lama-lama semakin deras dan memaksa kami harus berteduh di depan kantor penyedia jasa TKI. Hehehee..



Menanti Hujan Reda

Bahkan setelah kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, hujan tak kundung berhenti. Konsekuensinya saya harus naik sepeda motor dengan hujan rintik-rintik yang dalam waktu singkat membasahi jaket dan celana yang saya kenakan. Memang kami berharap cuaca tidak panas seperti biasanya. Tetapi kalau hujan tidak enak juga. :p. Dari Malang sampai Batu jalanan basah, seperti halnya pengguna jalannya. Tampaknya mitos yang mengatakan bahwa hari terakhir pergantian tahun selalu diwarnai dengan hujan memang terbukti benar. sebelum masuk wilayah Batu. Kami menyempatkan diri singgah di Masjid terdekat untuk Sholat. saya juga menghubungi mas Nono yang sedang pualng kampung untuk menanyakan tempat yang bisa dikunjungi di Batu. Berkat jaringan yang hilang timbul di sana. SMS saya baru sampai dan dibalas beberapa waktu kemudian. Mas Nono merekomendasikan Cangar, Coban Talun, dan Bendungan Selorejo. Yang ketiganya tidak jadi kami kunjungi. Hahahaa😀. Kawasan Wisata Malang dan batu memang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian besar orang, terutama di daerah jawa timur. Sejak saya masuk ke Malang. Plat nomer asing (yang bukan dari daerah Malang-N-) mendominasi jalan raya. Bahkan ketika saya membeli minuman di minimarket dekat Masjid yang kami singgahi, saya bertemu dengan rombongan keluarga dari Madura yang sengaja mengunjungi Malang di akhir tahun. Perjalanan kami teruskan ke Coban Rondo. Ssesuai dengan daulat ketua rombongan, meskipun saya agak malas karena sudah pernah kesana. :p. Namun ketika jam menunjukkan pukul 15.30 hujan turun dengan derasnya tepat di pintu masuk kawasan wisata Songgoriti. sehingga kami memutar arah menuju ke tempat tersebut.
Di sepanjang jalan kawasan wisata masih dengan hujan yang cukup deras, saya ditawari tidak kurang dari 10 orang yang menawarkan villa untuk tempat menginap yang semuanya saya tolak karena kami memang tidak ada rencana menginap.😀. Saya juga sempat mengabari Mas Nono lagi kalau kami terjebak hujan dan mendapat ucapan selamat :
“hehey.. selamat menikmati hujan” –“
Akhirnya kami mendapat tempat bernaung di warung makan dekat parkir wisata Songgoriti, sekalian makan siang (atau sore ya? hehe).

Lunch

35 thoughts on “Catatan Akhir Tahun 2011 : Escape to Batu, East Java

  1. bundel said: Selamat berbasah-basah ria, semoga nggak pada sakit terus besok nggak bisa kuliah. Halah!

    Boro-boro kuliah, besok sudah ujian akhir semester bunda. Saya juga ada presentasi progres tugas akhir. ahahahaa..Alhamdulillah masih sehat.Bunda sehat juga kan? 😀

  2. wah pas banget postingannya. Saya sedang nyari2 info tempat wisata di Malang nih… Malang ke Batu jauh ya? Berapa jam? Kalo saya pengen seharian full berwisata, baiknya nginep di Malang atau di Batu? Maksudnya, biar lbh dekat ke tempat wisata..Tempat wisata wajib kunjung disana apa? Tempat kuliner terkenalnya dimana?Duh maaf bnyk nanya…soalnya pengen tahu langsung dari yg udah kesana.

  3. katerinas said: wah pas banget postingannya. Saya sedang nyari2 info tempat wisata di Malang nih… Malang ke Batu jauh ya? Berapa jam? Kalo saya pengen seharian full berwisata, baiknya nginep di Malang atau di Batu? Maksudnya, biar lbh dekat ke tempat wisata..Tempat wisata wajib kunjung disana apa? Tempat kuliner terkenalnya dimana?Duh maaf bnyk nanya…soalnya pengen tahu langsung dari yg udah kesana.

    Sama saja kok mbak. sama bagusnya. Kalau saya komen bagus Batu nanti orang Ngalam pada protes. haha..Cuma saya belum tahu banyak tentang objek wisata di Malang. Coba Batu dulu mbak. kalau Villa ada buanyakk.. dengan harga bervariasi. Tempat wisatanya ada Jatim Park I (ini yang banyak wahana permainannya), Jatim Park II (ada kebun binatang), kalau malam jalan-jalan ke BNS (Batu Night Spectacular). Rumah lampionnya baguss. Kalau beruntung dan momennya tepat, kita bisa nonton pertunjukan air mancur yang luar biasa..kalau mau wisata alam ada Air terjun Coban Rondo, ada pemandian air panas di Cangar, ada Gunung Banyak. Kalau Malang selatan ada pantai yang bagus, Pantai Kondang Merak dan Balekambang (menurut saya pribadi) jauhh lebih bagus dari Kuta. Dan masih alami soalnya jarang dikunjungi orang. Tapi medannya cukup menantang, hehe

  4. huflepuff said: Kalau Malang selatan ada pantai yang bagus, Pantai Kondang Merak dan Balekambang (menurut saya pribadi) jauhh lebih bagus dari Kuta. Dan masih alami soalnya jarang dikunjungi orang. Tapi medannya cukup menantang, hehe

    berapa jam jarak tempuhnya dari Malang?cukup ga sehari kesana?

  5. huflepuff said: kalau malam jalan-jalan ke BNS (Batu Night Spectacular). Rumah lampionnya baguss. Kalau beruntung dan momennya tepat, kita bisa nonton pertunjukan air mancur yang luar biasa..

    wah saya mau kesana..akan jadi malam yang indah di Batu tentunya ya.Trims infonya ya…*nyatet di agenda

  6. huflepuff said: kalau mau wisata alam ada Air terjun Coban Rondo, ada pemandian air panas di Cangar, ada Gunung Banyak.

    saya juga mau kesini, kemaren udah liat coban nya di MP Ihwan…

  7. Punya kenalan yang menyewakan kendaraan ga Yo? mbak milih sewa saja kayaknya, biar puas keliling2 dan ga capek mikirin nyari transportasi.. eh disana berapa ya seharinya kalo sewa mobil + supir?

  8. katerinas said: berapa jam jarak tempuhnya dari Malang?cukup ga sehari kesana?

    Gak pernah menghitung secara pasti, hehe, sekitar setengah sampai satu jam.Tergantung mbak, kalau pagi ke Coban Rondo, terus ke Cangar, kemudian nongkrong di Payung, bisa dari pagi sampai sore. terus Malamnya ke BNS. dari jam 7 malam sampai jam 11 pasti terpuaskan.. hehe. Alternatif lain paginya ke jatim park. Tapi suasana jatim park dan BNS relatif sama, soalnya sama-sama wisata taman hiburan.(Tapi di jatim Park ada tempat rekreasi airnya, hehe)

  9. katerinas said: wah saya mau kesana..akan jadi malam yang indah di Batu tentunya ya.Trims infonya ya…*nyatet di agenda

    Hehe.. pasti mbak.. Cobain aero testnya kalau bisa, lebih seram dari jet coaster.. hahaa

  10. katerinas said: saya juga mau kesini, kemaren udah liat coban nya di MP Ihwan…

    Silakan dicoba mbak, sebenarnya wisata lain banyak, cuma saya kurang tahu,, hhe

  11. katerinas said: Punya kenalan yang menyewakan kendaraan ga Yo? mbak milih sewa saja kayaknya, biar puas keliling2 dan ga capek mikirin nyari transportasi.. eh disana berapa ya seharinya kalo sewa mobil + supir?

    Wah, gak punya nih mbak.. Saya naik motor terus kalau kesana :p.Nanti saya coba tanya😀

  12. huflepuff said: Wah, gak punya nih mbak.. Saya naik motor terus kalau kesana :p.Nanti saya coba tanya😀

    baiklah….nanti kabari ya. Di PM saja..lagi butuh banget info soal ini…

  13. huflepuff said: Gak pernah menghitung secara pasti, hehe, sekitar setengah sampai satu jam.Tergantung mbak, kalau pagi ke Coban Rondo, terus ke Cangar, kemudian nongkrong di Payung, bisa dari pagi sampai sore. terus Malamnya ke BNS. dari jam 7 malam sampai jam 11 pasti terpuaskan.

    ini udah termasuk ke Pantai Balekambang itu?

  14. huflepuff said: Hehe.. pasti mbak.. Cobain aero testnya kalau bisa, lebih seram dari jet coaster.. hahaa

    duh penasaran…kayak apa ya aero testnya Haryo sendiri udah naik? takut?😀

  15. heheee.. kalau pantai balekambang atau kondang merak beda lagi.. jauhh…..ini ke pesisir selatan malang. sekitar 3 jam dari pusat kota. Perlu disediakan hari tersendiri untuk agenda kesana.. hhe..

  16. katerinas said: duh penasaran…kayak apa ya aero testnya Haryo sendiri udah naik? takut?😀

    diputer puter gak karuan gitu mbak.. kalau saya sih gak takut. pingin lagi tapi gak bisa (uangnya udah habis.. hahaa)

  17. huflepuff said: Lama-lama semakin deras dan memaksa kami harus berteduh di depan kantor penyedia jasa TKI. Hehehee.. 

    huhuhuhu seakan-akan jadi antrean pelamar TKI ya… kebayang kalau jadi orang yang ngantor di kantor TKI itu.. awalnya senang rupanya…. orang nebeng neduh doang hihihi

  18. nanazh said: huhuhuhu seakan-akan jadi antrean pelamar TKI ya… kebayang kalau jadi orang yang ngantor di kantor TKI itu.. awalnya senang rupanya…. orang nebeng neduh doang hihihi

    Hahaaa… gak banget kalau orang-orang model gini ngelamar jadi TKI. Fisiknya belum mumpuni nas.. :pKebetulan pas kantornya suepi juga. Pas kedatangan kami, jadi mendadak ramai. hehee

  19. nanazh said: jadi penasaran kalau dirimu ntar merantau, Yo… apakah naluri kebolanganmu akan sedemikian aktifnya ya… hehehe

    Hahaa.. who knows. kalau saya memang dasaenya males ndekem di rumah. jadi kemungkinan besar ya mbolanh.. hehee..eh. tapi saya mau merantau kemana? :p

  20. anotherorion said: mayan jih iso kumpul bareng, aku wingi gek kondangan yo akhire mung reunian ro konco kelas

    Iyo mas. Alhamdulillah ya.. hehe. masio mek 11. Iki wae asline akeh sing mrotol.. gak sido melu

  21. Kebayang penuhnya Batu dan Songgoriti… rame dong di sana akhir tahun, mas Haryo? Yah biar pun hujan, dan besoknya jadi meriang, paling tidak kan ada kenangan menghabiskan waktu bersama konco-konco ya, mas? 🙂

  22. Hehee.. iya mbak.. ramee.. kayak di florida (padahal saya belum pernah kesana :p)That’s right.. kapan lagi bisa kumpul kumpul kayak gini.. semester depan sudah pada sibuk tugas akhir😀

  23. faziazen said: porong emang selalu amcet..btw ada jalur alternatif kok, jadinya muterin tanggul lumpur lapindo, biasanya ada bapak2 di pinggir jalan yang memandu

    Waa. sering kesana juga ya mbak?Bingung sih kalau pakai alternatif. lagipula kita naik motor. jadi g terlalu ngefek kalau macet.. bisa nyelip-nyelip. HHeee

  24. hehehe,,terakhir lewat sana pas dari malang mau ke jombang, kira-kira 2 bulan lalubaca tulisan ini jadi pengen jalan2 ke batu, tetanggaan ama malang🙂 (kota saya)

Leave a Reply

