Journal

SMS Interkoneksi Bebas Spam Hanya Omong Kosong

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, mulai hari ini (1 Juni 2012), kebijakan tentang skema interkoneksi mulai diberlakukan di operator seluler di seluruh Indonesia, menggantikan sistem lama : Sender Keep All (SKA). Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring, alasan diberlakukannya kebijakan baru ini adalah karena skema SKA yang berlaku selama ini telah menciptakan iklim usaha telekomunikasi yang kurang sehat, misalnya antar operator sering terjadi perang promosi SMS dan gratis SMS yang sekilas menarik (padahal nyatanya memang gratis).

Alasan lain yang dikemukakan adalah banyak pihak tak bertanggungjawab yang memanfaatkan SMS gratis ini untuk mengirim SMS spam, salah satu yang paling terkenal adalah SMS mama minta pulsa.

“Lantas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan fasilitas ini yang justru merugikan orang lain seperti SMS Spam, penipuan, cyber crime dan lainnya. Bahkan penyelenggara sendiri sangat dirugikan sebab trafik tinggi, tapi pendapatan tidak ada. Akibatnya mutu pelayanan konsumen rendah sekali,” kata Menkominfo Tifatul Sembiring seperti yang dikutip dalam detik.com.

Jujur saja, saya tidak tahu bagaimana persisnya skema peraturan baru SMS interkoneksi ini. Yang jelas, dengan adanya pemberlakuan baru ini, operator tidak bisa lagi dengan leluasa memberikan bonus SMS gratis kepada pelanggan. Dengan kata lain, pelanggan operator selular yang dirugikan.

Beberapa sumber mengatakan, peraturan ini sebenarnya hanya akal-akalan operator besar yang takut kalau bersaing dengan operator operator baru yang berani memberikan bonus SMS kepada para pelanggannya, terutama pelanggan dari kalangan menengah kebawah. Entah berita ini benar atau tidak.

Sehari sebelum kebijakan aneh ini diberlakukan, saya mendapat SMS notifikasi dari AXIS, operator yang saya gunakan :

“Sehubungan dengan peraturan baru pemerintah (BRTI) tentang tarif SMS interkoneksi, AXIS merubah promo dan tarif per 1 Juni 2012. Tetap nikmati promo hemat AXIS. Info 838”

Saya sudah hampir setahun ini menggunakan AXIS, karena bonusnya memang cukup menggiurkan. Setelah mengirim 5 SMS, saya mendapat bonus 10.000 SMS ke semua operator, namun gara-gara kebijakan (yang tidak bijak) ini, promo tersebut sudah hilang mulai hari ini. Digantikan dengan promo baru :

“Selamat! Kamu daoat gratis 9970 SMS ke AXIS dan 30 SMS ke semua operator hingga jam 24.00 Dahsyat hematnya 24 jam. Info 838”

Jadi mulai hari ini, SMS gratis ke semua operator hanya 30 SMS, bandingkan dengan promo sebelumnya yang mencapai 10.000 SMS!!. Padahal sebelum kebijakan itu diberlakukan saya jarang mendapat SMS spam. Lantas, apakah dengan ini pelanggan bebas dari SMS Spam? Jawabannya TIDAK!!!! Ironisnya di hari pertama tarif SMS interkoneksi diberlakukan saya justru mendapat SMS Spam : :

“Yth. Bapak/Ibu Pembiayaan/Pinjaman Dana, Jaminan BPKB Mobil/Truk dan Take Over dll, Proses Cepat, BPKB Aman, Berminat Hub/SMS LISA (Lisa keong racun kali ya?) 08xxxxxxxxxx

Nah, pemerintah, khususnya Menkominfo yang terhormat, mana janji manismu? Mengapa saya malah mendapat SMS Spam ketika peraturan Anda justru mulai diberlakukan. Anda sudah merugikan pelanggan kebijakan ini. Kapan Anda mau mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat?

Image Courtesy of telsetnews.com

——————————————————————————————————————–
Update..
Hari kedua kebijakan ini berlaku, saya mendapat SPAM lagi!
Banjir Diskon Hanya 1 Hari
-HP,BB,Tablet
-Camera
-Lensa
-Camcorder
-TV,PC,LCD,dll
Promo Disc s.d. 40%
Kapan lagi, buruaan Beli skrg jg di
http://www.pertindo.com


Hmm.. Sekarang 2 hari berturut turut saya dapat SMS SPAM, padahal sebelum peraturan disahkan, saya jarang dapat SMS seperti ini
.. Mana janji manismu pak????

47 thoughts on “SMS Interkoneksi Bebas Spam Hanya Omong Kosong

  1. SMS spam kan bukan cuma dari nomer pengirim yang pake hape, banyak yang digenerate dari situs yang menyediakan jasa pengiriman sms gratis… jadi dibatasi kayak gitu juga gak mempan ngilangin spam… coba pake sistem blokir nomer yang ngirimin aneh2 begitu, habis perkara… ckckckckck

  2. mahasiswidudul said: SMS spam kan bukan cuma dari nomer pengirim yang pake hape, banyak yang digenerate dari situs yang menyediakan jasa pengiriman sms gratis… jadi dibatasi kayak gitu juga gak mempan ngilangin spam… coba pake sistem blokir nomer yang ngirimin aneh2 begitu, habis perkara… ckckckckck

    Yah,, kayaknya itu cuman alasan orang sana aja nin.. :ppasti ada permainan politiknya nih…

  3. simpati nga ada sms2 begono..cmn dpt sms grts beda op 30 jga..ntu dpt ud dari maren..nga tau ntu penggunananya sampai kapan..nga kayak axis nga dibatasin sampai jam brapa

  4. novagh said: simpati nga ada sms2 begono..cmn dpt sms grts beda op 30 jga..ntu dpt ud dari maren..nga tau ntu penggunananya sampai kapan..nga kayak axis nga dibatasin sampai jam brapa

    Simpati emang jarang ngasih ke pelanggan mbak Nova, makanya itu.. ada yang curiga kalau ini hasil lobbying operator besar (tahu kan maksud saya.. :p) yang takut tersaingi oleh operator newcomer yang gencar meberikan bonus SMS… Kalau saya 30 sms sehari biasanya gak cukup.. apalagi pas jamannya dulu ngirim sms pemberitahuan ke satu angkatan (160 orang) dalam sehari.. -_-

  5. moestoain said: Hmm… Sabar… kita disuruh pakai BB atau aktif internet dengan menggunak WA terus kalau dipedalaman jaringan internet lemot gimana tuh?

    Kalau pakai Hp jadul piye nasibe mus? Ora iso BBM an.. Heheee

  6. bambangpriantono said: Mama minta pulsaPapa minta pulsaTante minta pulsaKeluarga macam apa ini??

    Mama minta pulsaPapa minta pulsaTante minta pulsaKeluarga macam apa ini??Aku malu pa… malu dilahirkan dalam keluarga ini.. Wakakakaak😀

  7. moestoain said: Opo mane HP cak, 7 Riyal regone hahaha

    Iku kan sing tau ditulis nang jurnal e Mus… Hihiiii..tapi nek operatore Arab Saudi gak masalah kan mus..😀

  8. huflepuff said: Simpati emang jarang ngasih ke pelanggan mbak Nova, makanya itu.. ada yang curiga kalau ini hasil lobbying operator besar (tahu kan maksud saya.. :p) yang takut tersaingi oleh operator newcomer yang gencar meberikan bonus SMS… Kalau saya 30 sms sehari biasanya gak cukup.. apalagi pas jamannya dulu ngirim sms pemberitahuan ke satu angkatan (160 orang) dalam sehari.. -_-

    eh jgn salah sering kok simpati ngasih free sms.. prasaan nova tiap hari dpt sms free sms dri 100-500sms..ntu buat smua operator..cmn maren aja tumben dipisahin buat tsel sekian sms buat non tsel sekian sms^^

  9. huflepuff said: Iku kan sing tau ditulis nang jurnal e Mus… Hihiiii..tapi nek operatore Arab Saudi gak masalah kan mus..😀

    Nangkene gak onok gratis sms hahaha.. Normal ae

  10. novagh said: eh jgn salah sering kok simpati ngasih free sms.. prasaan nova tiap hari dpt sms free sms dri 100-500sms..ntu buat smua operator..cmn maren aja tumben dipisahin buat tsel sekian sms buat non tsel sekian sms^^

    Yahh.. intinya di bedain mbak Nova, soalnya sekarang tiap ngirim SMS lintas operator, operator pengirim dikenakan biaya sekitar Rp 23 per sms..

  11. roelworks said: nomer spammer di tarok aja …spam ini ..gak perlu ditutup-tutupin

    Biar saja mas Rul, ntar saya malah promosi.. HahaaPokoknya namanya Lisa.. vokalis keong racun :p

  12. bentar lagi yang dipersolkan oleh operator adalah layanan chatting dan sejenisnya dianggap merugikan karena tidak ada pemasukan untuk mereka (khan beda dengan BBM tho, yang mau pake BBM khan harus bayar, lha kl YM khan tidak cuma numpang tairf data doang)

  13. wprazh said: bentar lagi yang dipersolkan oleh operator adalah layanan chatting dan sejenisnya dianggap merugikan karena tidak ada pemasukan untuk mereka (khan beda dengan BBM tho, yang mau pake BBM khan harus bayar, lha kl YM khan tidak cuma numpang tairf data doang)

    Biasa mas.. kapitalis… rakus.. saya masih ingat dulu ada perjanjian terselubung antar operator yang menetapkan tarif sms tidak boleh kurang dari 350.. entah berapa milyar yang sudah dikeruk dari pelanggan.. Kalau memang takut kalah bersaing ya silakan cara lain yang lebih sehat.. Lha ini… Sungguh wawasan menarik dari sistem perekonomian kita..

  14. huflepuff said: Sebagaimana yang kita ketahui bersama, mulai hari ini (1 Juni 2012), kebijakan tentang skema interkoneksi mulai diberlakukan di operator seluler di seluruh Indonesia, menggantikan sistem lama : Sender Keep All (SKA). Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring, alasan diberlakukannya kebijakan baru ini adalah karena skema SKA yang berlaku selama ini telah menciptakan iklim usaha telekomunikasi yang kurang sehat, misalnya antar operator sering terjadi perang promosi SMS dan gratis SMS yang sekilas menarik (padahal nyatanya memang gratis). Alasan lain yang dikemukakan adalah banyak pihak tak bertanggungjawab yang memanfaatkan SMS gratis ini untuk mengirim SMS spam, salah satu yang paling terkenal adalah SMS mama minta pulsa. “Lantas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan fasilitas ini yang justru merugikan orang lain seperti SMS Spam, penipuan, cyber crime dan lainnya. Bahkan penyelenggara sendiri sangat dirugikan sebab trafik tinggi, tapi pendapatan tidak ada. Akibatnya mutu pelayanan konsumen rendah sekali,” kata Menkominfo Tifatul Sembiring seperti yang dikutip dalam detik.com. Jujur saja, saya tidak tahu bagaimana persisnya skema peraturan baru SMS interkoneksi ini. Yang jelas, dengan adanya pemberlakuan baru ini, operator tidak bisa lagi dengan leluasa memberikan bonus SMS gratis kepada pelanggan. Dengan kata lain, pelanggan operator selular yang dirugikan. Beberapa sumber mengatakan, peraturan ini sebenarnya hanya akal-akalan operator besar yang takut kalau bersaing dengan operator operator baru yang berani memberikan bonus SMS kepada para pelanggannya, terutama pelanggan dari kalangan menengah kebawah. Entah berita ini benar atau tidak. Sehari sebelum kebijakan aneh ini diberlakukan, saya mendapat SMS notifikasi dari AXIS, operator yang saya gunakan : “Sehubungan dengan peraturan baru pemerintah (BRTI) tentang tarif SMS interkoneksi, AXIS merubah promo dan tarif per 1 Juni 2012. Tetap nikmati promo hemat AXIS. Info 838” Saya sudah hampir setahun ini menggunakan AXIS, karena bonusnya memang cukup menggiurkan. Setelah mengirim 5 SMS, saya mendapat bonus 10.000 SMS ke semua operator, namun gara-gara kebijakan (yang tidak bijak) ini, promo tersebut sudah hilang mulai hari ini. Digantikan dengan promo baru : “Selamat! Kamu daoat gratis 9970 SMS ke AXIS dan 30 SMS ke semua operator hingga jam 24.00 Dahsyat hematnya 24 jam. Info 838” Jadi mulai hari ini, SMS gratis ke semua operator hanya 30 SMS, bandingkan dengan promo sebelumnya yang mencapai 10.000 SMS!!. Padahal sebelum kebijakan itu diberlakukan saya jarang mendapat SMS spam. Lantas, apakah dengan ini pelanggan bebas dari SMS Spam? Jawabannya TIDAK!!!! Ironisnya di hari pertama tarif SMS interkoneksi diberlakukan saya justru mendapat SMS Spam : : “Yth. Bapak/Ibu Pembiayaan/Pinjaman Dana, Jaminan BPKB Mobil/Truk dan Take Over dll, Proses Cepat, BPKB Aman, Berminat Hub/SMS LISA (Lisa keong racun kali ya?) 08xxxxxxxxxx Nah, pemerintah, khususnya Menkominfo yang terhormat, mana janji manismu? Mengapa saya malah mendapat SMS Spam ketika peraturan Anda justru mulai diberlakukan. Anda sudah merugikan pelanggan kebijakan ini. Kapan Anda mau mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat? Image Courtesy of telsetnews.com

    Siapa tahu dapat istri dari Inggris yo mas? Hahaa

  15. Update.. Hari kedua kebijakan ini berlaku, saya mendapat SPAM lagi!Banjir Diskon Hanya 1 Hari-HP,BB,Tablet-Camera-Lensa-Camcorder-TV,PC,LCD,dllPromo Disc s.d. 40%Kapan lagi, buruaan Beli skrg jg diwww.pertindo.comHmm.. Mana janji manismu pak? katanya bebas spam?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s