Journal

[Senyumku untuk Berbagi] Senyum Pasukan Hanoman untuk Indonesia

Ceritanya saya mengikuti Conference di Yogyakarta pada pertengahan Mei 2012. Malam hari setelah Conference di hari pertama, para peserta dimanjakan dengan pertunjukan sendatari Ramayana yang diselenggarakan di Candi Prambanan. Para pemain mulai dari Sri Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman beserta bala tentaranya, dan tentu saja para sindenmenyuguhkan pementasan yang spektakuler. Meskipun acara sempat ditunda selama setengah jam karena hujan, kami sangat puas. Tidak heran kalau di akhir pertunjukan para penonton memberikan standing applause. Tidak lupa, di akhir acara para pengunjung mendapat kesempatan untuk berfoto dengan para pemain. Saya sempat menunggu antrian berfoto cukup lama karena antusiasme pengunjung yang sangat besar. Akhirnya saya mendapat dua foto bersama para pemain. Salah satunya foto bersama anak buah Hanoman.

Photobucket

Yah, saya sangat bahagia, tidak cukup digambarkan dengan kata-kata karena akhirnya bertemu dengan saudara kembar yang lama terpisah ternyata di tengah gencarnya gempuran boyband dan girlband Korea dan sikap sebagian besar bangsa Indonesia yang ‘Gila Budaya Luar Negeri’, ternyata masih ada yang peduli dengan budaya bangsa sendiri. Saya masih ingat bagaimana saya begitu terenyuh mendengar lantunan tembang dari Sinden yang tidak muda lagi. Bahkan di usia yang sudah senja beliau masih memberikan dedikasinya untuk pelestarian budaya negeri ini (Saya jadi malu sendiri). Begitu pula dengan para pemain Sendatari Ramayana, termasuk anak buah Hanoman yang sedang berfoto bersama saya ini. Saya prediksi, usianya masih belasan tahun. Pertunjukan kali itu tidak hanya ditonton oleh wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara yang banyak jumlahnya. Mereka semua memberikan apresiasi yang luar biasa. Seketika itu pula, Saya sangat bangga menjadi orang Indonesia. Saya menyadari bahwa negeri ini begitu kaya dengan warisan budaya yang tak ternilai harganya.🙂


Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi Senyumku untuk Berbagi

46 thoughts on “[Senyumku untuk Berbagi] Senyum Pasukan Hanoman untuk Indonesia

  1. dekmaniezt said: haryo ganteng banget pake topeng. lepas dooong

    pasti ini lagi foto bareng anak yang lagi tour smp bareng bapak ibu guru liburan kemaren ya..

  2. elok46 said: Oalaaaaah gitu ceritanya🙂 Kok cakepan hanomannya ya Wakakkakaka peace deh🙂

    yayaaa..kenyataan memang pahit mbak..memang banyak yang gak mau mengakui kalau saya cakep.. Heheee

  3. tintin1868 said: wah sama anak buahnya hanoman.. ga sama hanoman sekalian?

    Hanomannya udah balik ke backstage duluan pas itu Mbak. Jadi gak sempat.. Rama n Sinta juga sudah balik. Yahh.. Anak buahnya saja gak masalah dah..😛

  4. nanazh said: ahahahahaha yayaya senyum yang sangat berkenang banget… kapan lagi tuh ada momen kek gitu

    1 tahun pisan gak mesti nas😀.. Kapan Anas nyetor nih? hehee

  5. depingacygacy said: mirip?ups…salam kenal, aku kira huflepuff tuh cewek… eh, ternyata ;))

    Makasih Mbak.. Hhaaasalam kenal juga..Wahh.. dikira cewek..ternyata bencong? :p

  6. dekmaniezt said: haryo ganteng banget pake topeng. lepas dooong

    Itu sudah wajah asli mblung.. gak usah pakai topeng..Lumayan ya, gak pake biaya make up.. hhaaa

  7. dekmaniezt said: pasti ini lagi foto bareng anak yang lagi tour smp bareng bapak ibu guru liburan kemaren ya..

    Kok tahu Mbak Gemblung? Mbak gemblung jadi ibu gurunya ya.. atau supirnya? hahaaa.. *kaborr*

  8. kaklist said: mungkin hanoman pun mesti menari ala boyband biar di gila2i juga hehe🙂 thx ya udah sah fotonya🙂

    Wakakakak.. gak Mbayangin kak kalau Hanoman joget ala boyband.. ;DAseekk.. With pleasure kaklist..🙂

Leave a Reply

