Colleges

ISU-ISU DALAM HEALTH TECHNOLOGY ASSESSMENT (3) : Hasil Riset dan HTA

Percobaan klinis memberikan hasil tentang keefektifan dan keselamatan dari intervensi medis. Untuk menilai keefektifan dari intervensi medis dalam kondisi nyata dan untuk menjawab pertanyaan mengenai relevansinya dengan kebijakan terkait diperlukan berbagai pendekatan. HTA berbasis luaran riset didasari oleh ide untuk menghubungkan pasien dengan hasil riset yang relevan sehingga dokter dapat melakukan penggantian keputusan terhadap penanganannya.  Luaran riset yang berfokus pada kesehatan menggunakan teknologi untuk memecahkan permasalahan baik dalam kondisi normal [5]. Pada prakteknya, istilah luaran riset telah digunakan secara bergantian dengan keefektifan riset sejak akhir tahun 1980 an yang mengacu pada metode dan karakteristik yang saling tumpang tindih dengan HTA.

Hal ini telah meningkatkan perhatian para ahli di Amerika Serikat, terutama dalam bentuk penelitian yang didanai oleh AHRQ (Agency for Health Care Policy and Research). Perhatian ini memberikan luaran atau keefektifan riset oleh pemerintah dan sektor swasta yang mencerminkan peningkatan permintaan data pasien dan menyediakan pengalaman dengan teknologi, tentang apa yang dapat dipelajari dari keberhasilan percobaan  yang dilakukan secara terbatas dan dilakukan dengan hati-hati, misalnya pra-pemasaran untuk obat dan peralatan baru.

Hasil atau keefektifan riset menekankan assessment yang berorientasi pada permasalahan keseatan dalam pemberian layanan secara umum, tim dengan bidang multi dsiplin, berbagai macam pasien dengan luaran termasuk kematian, efek samping dan tindakan HRQL, penggunaan data non eksperimental (seperti studi edidemiologi dan data administratif), berbagai pola praktek dan hubungannya dengan hasil pasien, dan hak pasien dalam pengambilan keputusan dokter. Bidang hasil atau kefektifan riset telah meluas akhir-akhir ini untuk memasukkan sekumpulan data eksperimen dalam keefektifan, misalnya dari percobaan sederhana dalam skala besar yang dilakukan dalam prosedur praktek secara umum.

Nilai pencarian literatur secara sistematis dalam HTA yang berbasis riset masih terbatas. Banyak proyek riset, terytama dengan pendekatan secara nasional, belum dipublikasikan, karena itu pihak yang memerlukan harus mencari dan menghubungi orang yang melakukan riset sangat diperlukan untuk mendapatkan informasi yang relevan. Di samping itu, hasil dari percobaan yang dipublikasikan atau laporan dalam skala internasional tidak bisa ditransfer kepada sistem pelayanan kesehatan nasional secara langsung, tetapi harus bertahap. Studi yang mengidentifikasi algoritma penanganan yang kompleks seringkali tidak bisa dibandingkan dengan studi lain karena menghasilkan luaran yang sangat berbeda. Hasilnya masih belum bisa dipastikan apakah bisa digunakan dalam intervensi tunggal atau ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi sistem pelayanan kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s