Colleges

ISU-ISU DALAM HEALTH TECHNOLOGY ASSESSMENT (4) : Desentralisasi HTA

Saat ini, masih terdapat beberapa perbedaan pandangan mengenai penerapan HTA secara sentralisasi dan desentralisasi. Di Eropa, HTA menjadi hal yang umum digunakan, sementara di beberapa negara seperti Perancis, melihat komparasi keefektifan melalui ranking ASMR dalam penentuan keputusan Public Relations, iklim ekonomi akhir-akhir ini dan tekanan biaya menyebabkan pihak yang terlibat mempertimbangkan keputusan apakah harus mengganti obat-obatan baru atau tidak. HTA mampu menilai keefektifan biaya terapi yang baru dibandingkan dengan biaya perawatan yang sudah ada, sehingga memberikan pilihan untuk negara-negara tersebut untuk menentukan keputusan [6]. Dalam beberapa tahun terakhir negara-negara seperti Italia dan Perancis telah membahas peningkatan kebutuhan HTA. Dimana HTA dilakukan secara terpusat, mirip dengan EMA dengan  persetujuan obat, hal ini akan menjadi beban dalam segi biaya bagi institusi berkembang untuk melakukan HTA yang berasal dari negara-negara Uni Eropa dan akan mempersingkat persetujuan obat di Eropa.

Dengan sistem sentralisasi di Eropa terkait HTA (yang dinaungi oleh organisasi Euro-NICE) meskipun memiliki keunggulan, hal ini akan menghasilkan maslah baru yang terkait dengan heterogenitas. Perbedaan antara populasi pasien di negara-negara Uni Eropa dan perbedaan dalam ketersediaan pasien untuk membayar tidak bisa ditentukan. Meskipun kebijakan “Cross Border Directive” secara legal membuka jalan keluar untuk organisasi HTA secara umum, isu-isu heterogenitas masih menjadi hambatan substansial selain hambatan politik, yang hampir tidak mungkin dilakukan oleh para pemimpin di Eropa untuk mendelegasikan kewenangannya ke dalam organisasi terpusat dalam keadaan seperti sekarang. Dalam melakukan HTA, perspektif mana yang dipakai masih belum jelas. Begitu pula isu populasi yang dijadikan sebagai dasar untuk melakukan assessment, dan sejauh mana transparansi analisisnya. Beberapa masalah tersebut hanya sebagian dari banyak pertanyaan yang harus dijawab sehubungan dengan implementasi “Euro-NICE”

Di Amerika Serikat, HTA dilaksanakan secara terpusat oleh Organisasi Pemerintah atau organisasi dalam level nasional atau regional. Akhir-akhir ini, HTA menjadi aktivitas yang lebih ter-desentralisasi yang dilakukan oleh berbagai organisasi dengan latar belakang yang berbeda-beda baik di sektor publik maupun di sektor privat yang membuat keputusan kebijakan yang terkait dengan teknologi. HTA dilakukan dari perspektif tertentu tidak dapat melayani kebijakan teknologi lainnya dengan perspektif yang berbeda. Bahkan dalam teknologi dan masalah klinis yang sama, bisa jadi terdapat perbedaan kebutuhan assessment untuk pihak-pihak yang berbeda seperti pembuat kebijakan, agensi regulasi, perusahaan teknologi kesehatan, rumah sakit, dan konsumen. Kebutuhan ini semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan pertanggungjawaban ekonomi pada pihak-pihak tersebut.

Pertumbuhan aktivitas HTA yang terdesentralisasi telah meningkat seiring dengan berkurangnya aktivitas HTA yang terpusat untuk keperluan pengambilan keputusan. Di Amerika Serikat terdapat banyak pusat HTA yang didirikan oleh pemerintah untuk tujuan tertentu misalnya regulasi obat dan peralatan di FDA, konferensi perkembangan konsensus NIH, cakupan kebijakan kesehatan oleh CMS, dan program assessment teknologi oleh AHRQ. Terdapat  ekspansi kegiatan di beberapa tempat, terutama di sektor swasta, serta ketergantungan yang lebih besar oleh sumber terpusat untuk input HTA yang berasal dari sumber luar. Penyedia layanan dalam skala besar dan produk pelayanan kesehatan mendirikan unit untuk “technology assessment,” “pharmacoeconomics,” “clinical effectiveness,” “health outcomes research,” dan area lain yang berhubungan. Lebih banyak perencanaan kesehatan (termasuk berbagai organisasi pelayanan dan perusahaan asuransi) membentuk program firmal untuk menilai prosedur baru dan teknologi lain dalam pendukung keputusan pembayaran. Jumlah dan kualitas firma swasta dan pusat-pusat penelitian di universitas yang terlibat dalam HTA telah meningkat.

Komite HTA dengan berbagai nama saat ini familiar di spesialisasi medis dan subspesialisasi masyarakat. Jaringan rumah sakit, organisasi pelayanan, dan penyedia jasa kesehatan lain di sektor swasta memiliki program HTA untuk mendukung akuisisi dan manajemen pharmaceuticals (misalnya komite P&T) , peralatan dan teknologi lain dan yang berkaitan di seluruh sistem sektor tersebut.

Seiring dengan pertumbuhan HTA di sektor swasta, HTA yang dilakukan oleh badan-badan pemerintah mengambil dari sumber yang lebih terdesentralisasi. Di Amerika Serikat, FDA sejak lama telah bergantung pada para penasehat ahli dari luar untuk memeriksa temuan dari percobaan klinis dan kejadian lain untuk memperoleh rekomendasi yang berhubungan dengan penerimaan pasar terhadap obat baru, biologis, dan peralatan kesehatan. CMS memiliki Medicare Coverage Advisory Committee (MCAC) yang besar dan diatur dalam berbagai divisi, yang menyediakan rekomendasi untuk kebijakan cakupan nasional pada teknologi baru dan intervensi lainnya berdasarkan review dari literatur klinis, konsultasi dengan para ahli, dan data lain.

Program AHRQ’s Evidence-based Practice Centers (EPC) di Amerika Serikat telah menandatangani kontrak dalam 13 bidang. Hampir semuanya merupakan pusat akademisi kesehatan yang mendukung panduan praktek rumah sakit, kebijakan cakupan, dan praktek serta kebijakan lain. Beberapa laporan EPC dibuat berdasarkan permintaan melalui AHRQ, program pengembangan konsensus NIH, CMS, dan badan pemerintah lain. Permintaan lainnya berasal dari organisasi di sektor swasta, melalui EPC, atas nama organisasi pemerintah dan swasta. AHRQ juga mengelola US Preventive Services Task Force, panel independen para ahli di dalam pelayanan dan pencegahan yang secara sistematis mereview kejadian dan memberikan saran untuk berbagai layanan pencegahan kesehatan.

One thought on “ISU-ISU DALAM HEALTH TECHNOLOGY ASSESSMENT (4) : Desentralisasi HTA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s