Colleges

ISU-ISU DALAM HEALTH TECHNOLOGY ASSESSMENT (5) : Hambatan HTA

Dari berbagai uraian isu yang telah disebutkan diatas, bisa dikatakan saat ini HTA berkembang dengan pesat di seluruh dunia. HTA menjadi instrumen penting untuk mendukung fungsi inti dari sistem kesehatan global yang efektif. Kerjasama dari berbagai pihak dalam komuniyas global dapat meningkatkan pengetahuan dan efektifitas penerapan HTA di setiap negara [7]. Hanya saja, masih terdapat hambatan dalam penerapan HTA. Di beberapa negara maju termasuk Amerika Serikat, yang menganggap HTA sebagai teknologi penting yang memiliki kecenderungan untuk selalu menerapkan teknologi terbaru dan menganggap bahwa yang baru adalah yang lebih baik dan kecenderungan untuk menerapkan teknologi yang bisa

memberikan manfaat, namun hanya dipahami sebagian dan bahkan kurang didukung.

Contoh konkrit dari kesalahan pemahamagap bahwa potensi peningkatan teknologi hanya menimbulkan keharusan bagi organisasi untuk melakukan HTA. Hambatan lainnya adalah keengganan dari para praktisi medis, misalnya keengganan mereka untuk mengubah kebiasaaan dalam memberikan pelayanan kesehatan, kebijakan pembayaran yang konservatif, dan edukasi yang tidak diperbaharui. Hal ini diperparah dengan kurangnya kesempatan untuk melakukan penelitian ilmiah dan sikap skeptis dalam pendidikan klinis.

Semakin efektif pemasaran dan promosi, termasuk kursus singkat yang disponsori oleh perusahaan produk untuk melatih dokter dalam menggunakan produk mereka, dapat mengalihkan perhatian dan fokus utama dari HTA. Hambatan lainnya adalah keterbasan tingkat investasi, baik oleh pemerintah maupun industri dalam HTA dan evaluasi terkait tentang perawatan kesehatan. Meskipun beberapa program assessment dan HTA tertentu memeperoleh banyak temuan penting telah diakui secara nasional maupun internasional, sumber dana yang dialokasikan, secara virtual banyak yang hilang karena digunakan untuk membiayai perawatan kesehatan lain. Pada akhirnya kesan secara berkelanjutan pada beberapa kalangan adalah HTA memilliki tujuan untuk membatasi inovasi dan difusi teknologi perawatan kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s