Reviews

Megacities : Jakarta, Kota Perubahan dalam National Geographic Channel

Salah satu acara favorit yang saya tonton ketika pulang kampung adalah Megacities, yang diputar di National Geographic Channel. setiap minggunya Megacities mengulas berbagai kota besar di seluruh dunia. Yang masuk dalam kategori Megacity adalah kota yang memiliki jumlah penduduk yang besar (biasanya 10 juta atau lebih) dan wilayahnya yang luas. Sebenarnya tayangan Megacities sudah diputar sejak tahun 2010. Ternyata Jakarta pernah masuk dalam ulasan di acara tersebut. Beberapa waktu sebelumnya Megacities episode Jakarta juga pernah diputar di Metro TV.

image courtesy of rechargeasia.com

 

Megacities menjabarkan kota metropolis modern seperti organisme yang hidup, bergerak, dan tumbuh. Ulasan yang dijelaskan terutama dilihat dari sudut pandang engineeringnya. Aspek yang paling banyak diulas adlaah struktur bangunan, penataan kota, dan transportasi Massal. Selain Jakarta, kota metropolis lain yang pernah diulas di Megacities adalah Sao Paulo (Brasil), Mexico City (Meksiko), Mumbai (India), Hong Kong (China), New York (USA), London (Inggris), dan Taipei (Taiwan).

Image Courtesy of diserio.com

Dalam episode Jakarta, ibukota negara tercinta ini digambarkan sebagai kota perubahan. Disebut demikian karena di masa lalu Jakarta telah dikuasai oleh berbagai bangsa (Zaman Kerajaan Islam, Kedatangan Bangsa Portugis, Zaman kolonial Belanda, Pendudukan Jepang, dan Indonesia saat ini). Sebagai rumah bagi sekitar 25 juta orang (wilayah Jabodetabek) Jakarta dan kota-kota pendukungnya merupakan area metropolis terbesar ketiga di dunia (Setelah Tokyo dan Guangzhou, menurut Wikipedia).Meskipun National Geographic menitikberatkan pada tiga masalah gawat di jakarta : banjir tahunan, kemacetan, dan arus urbanisasi,  bagi pemirsa yang belum pernah melihat kehidupan jakarta secara langsung (seperti saya :p), mereka akan mendapatkan penggambaran Jakarta seperti kota modern dengan infrastruktur yang memadai. (entah bagaimana aslinya, saya belum tahu.. heheee :D).

Tayangan Megacities Jakarta bisa dilihat di video berikut (sumber : Youtube)

(P.S. : karena dokumenter ini dibuat pada tahun 2010, jangan heran jika gubernur yang diwawancarai di sini masih Pak Fauzi Bowo)

Jakarta Megacities Part 1 :

Jakarta Megacities Part 2 :

Jakarta Megacities Part 3 :

Jakarta Megacities Part 4 :

Jakarta Megacities Part 5 :

Jakarta Megacities Part 6 :

7 thoughts on “Megacities : Jakarta, Kota Perubahan dalam National Geographic Channel

    • Welehh… Saya gak niat kampanye Bang Kumis Mas Iwan :p.
      Kebetulan saja ada wawancaranya Pak ex. gubernur. Kalau gak berkenan silakan di skip pas bagian itu… Hahahaa😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s